Loading...

Friday, March 30, 2012

[修道]與[修福] / Bhavana dan Memupuk Karunia

[修道]與[修福]
Bhavana dan Memupuk Karunia

source : 蓮生法王2011年1月15日台灣雷藏寺大日如來護摩大法會法語開示精要
Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 15 Jan 2011
from : Facebook wall of Nking daden (Vajra Master Lotus Huijun - 慧君)
Translated by Lianhua Jun Shi An

"只有[佈施]卻沒有[修心]會怎麼樣呢?
[很多有錢人,做了很多的善事,拿了很多錢出來佈施,這是「做福」,下一輩子,更有福分,更有錢,這也是對的,並沒有錯,但是,內在呢?內在的貪、瞋、癡種子,如果沒有將它拔除,...若不清淨的話,罪還是在的!]
[...有佈施的心,當然是可以得福;但是,所造的罪業是滅不了的。] "


"行善之前還要懂得一件事是什麼?師尊說:[ 釋迦牟尼佛說法,先從基礎講──「怎麼樣做人」...是教你如何做你這個人的這個基礎,要有「仁」,要有「義」,「仁、義、道、德」都要做到,要有公德心。]"

"[修道]與[修福]不同在哪?
師尊說:[我們的智慧和一般人不一樣,我們知道要看到自己的佛性,清淨自己的貪、瞋、癡、疑、慢,這樣才叫作「修道」。世間的,我做一點善事就是「修道」,那個就是在「修福」。六祖講「修福」,下輩子會很有福分,做得更好,可以到天堂,但是你不能成佛;要成佛,一定要將你的業──因果的業障,全部消除掉。]

[修道]者還應注意什麼?
師尊說:[我們也不可以隨便批評人家喔!我們修行雖然好,智慧很高,你們不能講「我已經智慧很高了」、「我智慧圓滿了」、「我已經成佛了」,也不能隨便批評人家。因為在每一個人的內修裡,你是看不到的..]"

"想知道你跟師尊的距離嗎?
師尊說:[你跟著根本上師一起修行,你實際上,實在的實踐修行,你就和師尊很近;你天天和師尊在一起,沒有實修,你就和師尊離的很遠,就是這個道理。]"

✽ ... ❋ ... ✽ ... ❋ ... ✽ ... ❋ ... ✽ ... ❋ ... ✽ ... ❋ ... ✽ ... ❋ ... ✽

"Apakah hasil dari hanya berdana tanpa melatih hati ? Banyak orang kaya melakukan berbagai macam amal kebajikan, berdana banyak uang, ini merupakan menanamkan karunia, kelak di kehidupan mendatang akan lebih banyak berkah karunia, lebih makmur, ini juga benar, sama sekali tidak keliru, namun bagaimana dengan batin ? bagaimana dengan benih loba, dosa dan moha ? jika tidak mencabutnya, ... jika tidak dimurnikan, karma buruknya masih ada !" 
"..Hanya mengembangkan niat berdana, tentu saja dapat memupuk berkah karunia ; Namun, segala karma buruk yang telah diperbuat tidak akan dapat dilenyapkan." 

"Apakah satu hal yang harus dipahami sebelum melakukan perbuatan baik ?"
Mahaguru mengatakan : "Buddha Sakyamuni dalam membabarkan Dharma terlebih dahulu mengajarkan bagaimana menjadi manusia yang baik...mengajarkan kepada Anda bagaimana prinsip dasar menjadi seorang manusia, yaitu harus mempunyai rasa kemanusiaan, berkebajikan, sesuai dengan dharma dan mempunyai moralitas, harus mampu menerapkan semua itu , harus mempunyai moralitas dalam bermasyarakat." 

"Dimanakah letak perbedaan antara bhavana dan memupuk karunia ?" 
Mahaguru mengatakan : "Prajna (Kebijaksanaan) kita berbeda dengan orang awam, kita tahu bahwa kita harus mampu menyaksikan Buddhata diri sendiri, memurnikan lobha, dosa ,moha dan kesombongan batin, inilah bhavana. Sedangkan bagi kalangan awam, melakukan sedikit perbuatan baik sudah disebut sebagai bhavana, sesungguhnya itu adalah perbuatan memupuk karunia. Patriak ke Enam mengatakan itu adalah perbuatan memupuk karunia, dalam kehidupan selanjutnya akan memiliki banyak berkah karunia, dapat sampai ke surga, namun Anda tidak bisa mencapai Kebuddhaan ; Karena untuk mencapai Kebuddhaan harus mengikis semua karmawarana." 

Apa yang harus diperhatikan oleh seorang yang melakukan bhavana ? 
Mahaguru mengatakan : "Kita juga tidak boleh sembarangan menjelek-jelekkan orang lain ! Meskipun pembinaan diri kita sangat baik, kebijaksanaan sangat tinggi, Anda tidak boleh mengatakan : "Kebijaksanaan saya sudah tinggi", "Kebijaksanaan saya telah sempurna", "Saya telah mencapai Kebuddhaan" , juga tidak boleh sembarangan menjelek-jelekkan orang lain. Karena Anda tidak mampu melihat kedalaman bhavana seseorang..." 

Ingin mengetahui jarak Anda dengan Mahaguru ? 
Mahaguru mengatakan : "Anda melakukan bhavana mengikuti Mahaguru, sesungguhnya jika Anda menerapkan bhavana , maka Anda sangat dekat dengan Mahaguru ; Jika Anda setiap hari bersama Mahaguru, namun tidak tekun bersadhana, maka Anda sangat jauh dengan Mahaguru. "

0 Comment:

Post a Comment