Loading...

This is default featured post 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured post 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Wednesday, March 28, 2012

地母 – Ibu Pertiwi (01)

地母 – Ibu Pertiwi (01)

✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Translated by Lianhua Jun Shi An

Pic : Chinesse Mother Earth in Taiwan Lei Tsang Temple

✽印度教的地母贊
✽A Prayer to Mother Earth (Bhumi Devi) in Hindu :

Samudhra vasane devi, parvatha sthana mandithe,
Vishnu pathni namasthubhyam pada sparsam kshamasva mae.

✽Translation :

Salutations to you consort of Lord Vishnu,
敬礼遍净天之明妃

Who is clothed by oceans,
大海是您的衣

And is adorned prettily by the mountains,
诸山庄严她的身

Pardon me mother, for setting my foot on you.
请母原谅我,因我的足安在您身上

✽Bhavani Ashtakam :

蓮花麗惠上師(2007.03.30) / Kutipan Dharmadesana Acarya Lianhua Li-hui / Master Samantha (30 March 2007)

"... Saya hanya memohon kepada Mahaguru, supaya hari ini memeterai batin kita semua. Semua abhiseka sangat penting, namun saya merasa bahwa Buddha selalu dalam hati, saling mematerai dengan hati Buddha, inilah yang paling utama. Jika dalam hati kita tiada Buddha, bersadhana apapun, memperoleh abhiseka apapun, semuanya tidak akan berguna. Bhavana adalah membina hati, jika hati tiada Buddha, maka semuanya tidak berguna. Hari ini Buddha Sinar Bunga Yang Leluasa ada dihadapan kita semua, kita memohon pada Padmaprabhasvara Buddha memeterai batin kita yang awam dan fana ini, mengasihani batin para insan yang diliputi avidya, supaya batin kita memperoleh materai dari Buddha, supaya hati kita dan hati Buddha saling mematerai, supaya kita menyatu dengan Buddha, dengan demikian kita akan merealisasikan Kebuddhaan. "
Kutipan Dharmadesana Acarya Lianhua Li-hui / Master Samantha (30 March 2007)
Translated by Lianhua Jun Shi An

"... 我只是祈求師尊,今日給大家做一個印心。什麼灌頂都很重要,但是我覺得我們的心中有佛,跟佛心心相印最重要。如果我們的心中沒有佛,怎麼樣修,得什麼灌頂,都沒有用。修行就是在修心,心如果沒有佛,佛如果不住心,通通沒用。今日華光自在佛就在大家的眼前,我們祈求華光自在佛能夠印我們一般的俗心、凡心、可憐眾生無明的心,讓我們心得到佛的印,來印我們的心,讓我們跟佛心心相印,讓我們跟佛能夠融入,我們就能夠成佛。..." ~ 蓮花麗惠上師(2007.03.30)

高王觀世音經七佛滅罪真言后之全文


高王觀世音經七佛滅罪真言后之全文
Syair Lengkap Setelah Mantra 7 Buddha Dalam Sutra Raja Agung Avalokitesvara

"HAPPY AVALOKITESVARA DAY"

✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Translated by Lianhua Jun Shi An

十方觀世音  一切諸菩薩  誓願救眾生  稱名悉解脫
Shí fāng guānshìyīn yīqiè zhū púsà shìyuàn jiù zhòngshēng chēng-míng xī jiětuō
Sepuluh Penjuru Avalokitesvara dan Para Bodhisattva , berikrar menuntun para insan, membebaskan para insan dengan metode pelafalan Nama Agung.

我的罥索一拋出去,絕對不會空的,而且絕對將你接到西方淨土


我的罥索一拋出去,絕對不會空的,而且絕對將你接到西方淨土
Begitu Pasa Ku Dilontarkan, Pasti Tidak Akan Sia Sia
Bahkan Pasti Membawa Anda Terlahir di Sukhavatiloka

✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source : 蓮生活佛法語開示
Dharmadesana Mahaguru Lian-sheng

✽Event : 12-02-25《不空罥索觀音》Upacara Api Homa Amoghapasa Avalokitesvara 25 Feb 2012

Translated by Lianhua Jun Shi An


✽在任何一個六道全部平等接引到西方極樂世界
✽Menuntun Para Insan Dalam Enam Alam Terlahir Di Sukhavatiloka

這一尊在東密非常的盛行,而且非常的有名,只是一般人不知道而已。這一尊觀音的密號叫作「等引金剛」,「等」是平等,「引」是接引。這一尊觀音叫作等引金剛,甚麼是「等引金剛」?「平等接引」的金剛,祂是沒有分別的。今天如果有報名主祈,而且是超度亡靈的話,不管這亡靈在地獄道、在餓鬼道、在畜生道、在任何一個六道,甚至於天道,全部平等接引到西方極樂世界。不做這一尊的主祈,你們白白浪費了一次好機會,因為任何一種病亡、死亡,甚至於自殺、兇殺,或是任何一種災難的死亡,這一尊觀音都能夠接引,所以叫作「平等接引觀音」;以觀世音菩薩本身來講,稱為「等引金剛」的就是這一尊。

Adinata ini sangat umum dalam Tantra Timur, bahkan sangat ternama, hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Gelar Tantra dari Bodhisattva Avalokitesvara ini adalah Vajra Penuntun Yang Setara ( 等引金剛 / Deng yin Jingang ) , Deng adalah setara, Yin adalah menuntun. Beliau adalah Vajra yang menuntun dengan setara, tidak mendiskriminasi. Jika hari ini ada mendaftarkan nama sebagai pemohon utama , apalagi memohon untuk penyeberangan arwah, tidak peduli almarhum berada di alam neraka, alam preta, alam hewan, berbagai enam alam termasuk alam dewa sekalipun, semuanya dengan setara akan dituntun terlahir di Sukhavatiloka.

Jika tidak memohon pada Adinata ini, maka Anda telah menyia-nyiakan satu kesempatan baik, sebab berbagai macam kematian seperti karena sakit, bahkan bunuh diri, kematian mengenaskan, maupun karena berbagai malapetaka, Amoghapasa Avalokitesvara mampu menuntunnya, oleh karena itulah Beliau bergelar Avalokitesvara Penuntun Setara ; Inilah salah satu manifestasi Bodhisattva Avalokitesvara yang bergelar Penuntunan Setara.


✽因為祂有保證,所以叫「不空」
✽Karena Beliau Menjamin, Oleh Karena Itulah Disebut Amogha

今天你所報名的,不管是哪一個亡魂,全部接引到清淨的佛國。這一尊,你若不報名,還等著說:「師尊,幫我查一查我那自殺的兄弟姊妹的亡靈到哪裡去了?」只要你報名這一尊,馬上就接引到清淨佛國,因為祂是等引金剛啊!平等接引金剛。有這樣的稱號,如果你們還是不懂得這一尊觀世音菩薩的厲害,有夠傻的!你在憂煩你的祖先往生到哪裡去,不用問了,你只要報名這一尊──等引金剛──不空罥索觀音,祂就能夠接引。不去也不行,祂強迫你去。(眾鼓掌)為甚麼呢?這一尊觀音唯一所持的東西就是罥索,祂將你綁著去;你不去,祂可以綁著你去。有哪一尊觀音是拿著罥索的?祂是拿罥索的啊!等於是拿著手銬也要將你帶去。所以,我趕快報名啊!一看,主祈的只有六、七位。不要瞧不起這一尊啊! 不空罥索觀音是「七觀音」之一啊!祂相等於準提佛母啊!(眾鼓掌)今天有報名亡靈超度,不去的話,絕對用罥索綁著,拿著繩索的觀音,只有這一尊,祂會將你帶去,綁著去,這是祂的誓願。祂最偉大的誓願就是在祂的罥索,在祂的「不空」,祂不會將繩子拋出來結果釣上來沒有釣到魚,祂絕對釣得到魚,繩索一拋,就將你綁住,接引到西方淨土。所以,我趕快報名。因為,我自己也會很輕鬆的,無論將來修得怎麼樣,保證祂就可以將我接引到西方淨土,因為祂有保證,所以叫「不空」;沒有保證的,就是「空」。祂發的誓言──我的罥索一拋出去,絕對不會空的,而且絕對將你接到西方淨土。

Hari ini jika Anda mendaftar, tidak peduli arwah yang manapun, semua akan dituntun terlahir di Negeri Buddha nan suci. Jika Anda tidak mendaftar namun hanya menunggu bertanya-tanya : “Mahaguru, tolong diperiksa di alam manakah saat ini almarhum saudara saya yang bunuh diri ?” Asalkan Anda mendaftarkannya pada upacara Adinata ini, segera akan dituntun terlahir di Negeri Buddha nan suci, karena Beliau adalah Vajra Penuntun Yang Setara. Dengan adanya gelar yang demikian, namun jika Anda masih saja tidak memahami betapa agungnya Avalokitesvara ini, sungguh dungu . Jika Anda terus merisaukan dimanakah leluhur Anda, tidak perlu lagi bertanya Tanya, asalkan Anda mendaftarkannya pada Amoghapasa Avalokitesvara Sang Vajra Penuntun Yang Setara ini, Beliau mampu menuntunnya. Sekalipun tidak mau pergi juga tidak akan mampu, Beliau akan memaksa untuk pergi. (Suara tepuk tangan hadirin). Kenapa ? Karena Avalokitesvara ini memegang sebuah pasa (jerat), Beliau akan mengikat Anda dan menuntun Anda. Sekalipun Anda tidak pergi, Beliau akan mengikat Anda. Oleh karena itulah Mahaguru sendiri segera mendaftarkan nama ! Jangan memandang remeh Adinata ini, Amoghapasa Avalokitesvara adalah salah satu dari Sapta Avalokitesvara, Beliau setara dengan Cundi Bhagavati. (Suara tepuk tangan hadirin) Bagi yang hari ini mendaftarkan nama untuk penyeberangan arwah, seandainya mereka belum rela diseberangkan, pasti akan diikat dengan pasa, Avalokitesvara ini memegang pasa untuk menuntun, ini adalah ikrar Beliau. Ikrar Beliau yang teragung ada pada Pasa, yaitu pada Amogha (Tidak kosong), Beliau tidak akan membuat pasa Nya menjadi tidak ada ikan yang terpancing, Beliau pasti memperoleh ikan, begitu pasa dilontarkan, Anda langsung diikat, dituntun menuju Sukhavati. Oleh karena itulah Saya sendiri segera mendaftar, karena saya juga akan sangat santai, tidak peduli bagaimanapun kemampuan sadhana kelak, dijamin Beliau mampu menuntun Anda terlahir di Sukhavatiloka, karena Beliau ada menjamin, maka disebut Amogha (Tidak kosong), jika tiada jaminan , maka disebut kosong. Ikrar yang Beliau bangkitkan adalah : Begitu pasa Ku dilontarkan, pasti tidak akan kosong, bahkan pasti menuntun Anda terlahir di Sukhavatiloka.


✽四法器的意义
✽Makna Empat Dharmayudham

在東密裡,祂有三頭四臂,每一面都有三隻眼、四個手臂,一手拿著唸珠,你唸祂的名,祂就接引;一手拿著蓮花,蓮花化生,災難熄滅,將你的業障消除,你的福分就到;一手拿著淨瓶,凡是有業障的,祂用淨瓶灑向你,將你的業障消除掉;管你是甚麼地獄、餓鬼、畜生,業障全部消除,用繩索一綁,就拋到西方極樂世界。祂的四隻手臂拿四個東西,一個是唸珠,一個是蓮花,一個淨瓶,一個是罥索。祂在東密是非常隱密的一尊觀音,祂是在胎藏界觀音院的七觀音之一。你們不明白這一尊觀音,祂有這麼大的好處,只要用淨瓶灑你,業障就消除,財神就引進門。所以不做主祈,就漏失了財神到你家。你是肉身,馬上幫你蓮花化生;你只要持祂的名,祂就接引你;祂有繩索,拋出去永遠不空,所以稱為「等引金 剛」。這樣介紹夠清楚了吧?(眾鼓掌)

Dalam Tantra Timur, Beliau berkepala tiga dan empat lengan, tiap muka terdapat tiga mata, keempat lengannya masing-masing memegang : satu lengan memegang japamala, Anda menjapa nama Nya, Beliau pasti akan menuntun ; Satu tangan membawa Padma, yaitu terlahir di bunga Padma, mengikis malapetaka, mengikis karmawarana, dengan demikian berkah pun akan tiba ; Satu tangan membawa kalasa, barangsiapa memiliki karmawarana, kalasa di percikkan kepada Anda, untuk mengikis karmawarana Anda ; Tidak peduli Anda ada di alam neraka, preta, hewan, semua akan terkikis karmawarana nya, begitu pasa menjerat, maka akan dituntun menuju Sukhavatiloka. Empat lengan Nya membawa empat Dharmayudham, yaitu japamala, Padma, kalasa dan pasa. Dalam Tantra Timur Beliau adalah Avalokitesvara yang sangat rahasya, merupakan salah satu dari Sapta Avalokitesvara di Avalokitesvara-sala dalam Garbhadhatu Mandala. Anda tidak mengerti bahwa Avalokitesvara ini demikian agung, asalkan kalasa dipercikkan pada Anda, maka karmawarana akan terkikis, dengan demikian Dewa Rejeki akan memasuki pintu. Asalkan Anda melafal Nama Nya, maka Anda akan dituntun. Begitu pasa dilontarkan, selamanya tidak akan sia-sia, oleh karena itulah disebut Vajra Penuntun Yang Setara. Bukankah penjelasan ini sudah cukup jelas ? (Suara tepuk tangan hadirin)


✽不空罥索觀音修持的唸誦儀軌
✽Sadhana Penjapaan Amoghapasa Avalokitesvara

Grand Master explain the Mudra, Mantra, Bijaksara and Visualisation of Amoghapasa Avalokitesvara, I not wrote it here, you can get it by the transmission and empowerment from Grand Master .

另外,「光明真言」,也是跟這一尊有關,「不空摩尼供養真言」也就是「廣大不空供養」,也是跟這一尊有關係的,經由祂,可以變成廣大不空的供養。

Selain itu, Mantra Prabha (Mantra Cahaya / Guang Ming Zhenyan) juga berhubungan dengan Adinata ini, Mantra Amoghapujamani (Mantra Pujana Maha Luas) juga berhubungan dengan Adinata ini, melalui Beliau dapat mentransformasikan pujana yang maha luas dan tidak kosong.


✽報名
✽Mendaftar Pada Upacara Dharma

這一尊等引金剛實在是太好了,你報主祈,祂可以消除你的病業,增加你的智慧,增加你的福分,增加你的敬愛,還接引你。所以才叫作「不空」;「罥索」,就是拿著繩索的,你不去,你不降伏,你不想祂也都會拋了繩索將你綁著去,很偉大的一尊觀音。眾生不知道要報名,可憐啊!真的,每一尊都有祂的等號,都有祂特殊的地方,但是,這一尊,拿著繩子、罥索的觀音,很少的啦!而且,祂的稱號又叫作「不空」,就是不會將你放棄掉,很少的啦!有報名這一尊的,最有福氣了。 像今天,師尊一看,這一尊不能放棄報名,祂是等引金剛、平等接引金剛,就算我到了何地,祂都可以幫我清淨,祂都可以接引我。不只是接引我,還接引我的親眷,往生到好的地方去。你要很清楚、認清楚這一尊,要有智慧。

Adinata ini, Vajra Penuntun Yang Setara sungguh sangat sempurna, Anda mendaftar sebagai pemohon utama, Beliau mampu mengikis karma penyakit Anda, menumbuhkan prajna dan berkah karunia,menumbuhkan keharmonisan, kemudian juga menuntun Anda. Oleh karena itulah disebut Amogha (Tidak kosong atau tidak sia sia) ; Nama Pasa adalah membawa sebuah jerat, sekalipun Anda tidak ingin, Beliau mampu mengikat Anda untuk dituntun, merupakan manifestasi Avalokitesvara yang sanagt agung. Jika insan tidak tahu perlunya mendaftar nama, sungguh kasihan ! Sungguh, tiap Adinata ada kekhususannya, semua memiliki keistimewaannya, namun Avalokitesvara yang khusus membawa pasa sangat jarang. Apalagi gelar Beliau disebut Amogha, yaitu tidak akan mencampakkan Anda, sungguh sangat langka ! Jika mengetahui untuk mendaftar dalam upacara Adinata ini, sungguh memiliki berkah !Seperti hari ini, begitu Mahaguru mengamati, Adinata ini tidak akan mencampakkan yang mendaftar, Beliau adalah Vajra Penuntun Yang Setara, sekalipun saya telah terjerumus di alam manapun, Beliau mampu menolong memurnikan saya, Beliau mampu menuntun saya. Tidak hanya menuntun saya, juga menuntun kerabat saya, supaya terlahir di alam yang baik. Anda harus mengenali Adinata ini dengan jelas, harus memiliki kebijaksanaan.

一切所有的財神,沒有一尊逃過地母娘娘的手掌 / Semua Dewa Rejeki Ada Dalam Genggaman Ibu Pertiwi

地母菩薩是最大的財神,密教絕不貶抑女性,一切眾生皆由母生
修行要先一尊深入,一尊相應就是一切相應
Bodhisattva Ibu Pertiwi Adalah Dewa Rejeki Yang Paling Agung
Tantrayana Tidak Meremehkan Wanita, Karena Para Insan Lahir Dari Ibu 
Bhavana Harus Mendalami Satu Yidam, 
Beryukta Dengan Satu Yidam Berarti Beryukta Dengan Semua Adinata


✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source : 蓮生活佛法語開示精要
Kutipan Intisari Dharmadesana Mahaguru Lian-sheng

Event : 2012年3月3日台灣雷藏寺地母菩薩護摩大法會
Upacara Api Homa Ibu Pertiwi 03 Maret 2012 di Vihara Vajragarbha Taiwan

Translated by Lianhua Jun Shi An


✽ 一切所有的財神,沒有一尊逃過地母娘娘的手掌
✽ Semua Dewa Rejeki Ada Dalam Genggaman Ibu Pertiwi

地母菩薩的護摩,可能沒有人聽過。但是,在台灣,地母菩薩或者是地母娘娘,是很大的一個菩薩,有很多的寺廟。在台灣的信仰裡,地母是很大的一尊菩薩,而我們真佛宗是「本土的密宗」,所以,地母菩薩也是我們景仰的一尊。《地母經》、《地母真經》還有《地母妙經》,我都看了,三本經典大同小異,都是差不多的。其中最重要的一點,我個人認為,不管你是哪一路財神,我們有所謂的五路財神、五姓財神、密教五財神、天上財神、龍王財神、山王財神、堅牢地神財神,甚至於象鼻財神、文財神、武財神,任何一路的人馬,全都歸於地母娘娘財神。盧師尊以前講過,天上最富有的,就是四大天王、帝釋天;海中最富有的就是龍王;地上最富有的,就是山神、堅牢地神、各方土地,都是最富有的。但是,你們不知道,包括天上的四天王,祂們是屬於「地居天」,位在須彌山的半腰,也是屬於地母娘娘的;海中龍王,也是屬於地母娘娘的;連所有的山神、土地,所有的財神、土地、五路、五姓、藏密五財神和一切所有的財神,沒有一尊逃過地母娘娘的手掌。(眾鼓掌)所以,今天我講「迎財神」,最主要的財神就是地母娘娘。包括所有的地居天,全部是祂所管的。
Mungkin tidak ada yang pernah mendengar Api Homa Bodhisattva Prthivi, namun di Taiwan Bodhisattva Prthivi atau Ibu Pertiwi merupakan Bodhisattva yang sangat agung, banyak kuil didirikan untuk Nya. Dalam kepercayaan rakyat Taiwan, Ibu Pertiwi merupakan Bodhisattva yang sangat agung, sedangkan kita Satyabuddha merupakan Tantra Lokal, sehingga Ibu Pertiwi juga merupakan salah satu Adinata yang kita hormati.
Saya telah membaca Sutra Ibu Pertiwi 《地母經 / Di-mu Jing》, Sutra Sejati Ibu Pertiwi 《地母真經 / Di-mu Zhen-jing 》 dan Sutra Keluhuran Ibu Pertiwi 《 地母妙經 / Di-mu Miao-jing 》, ketiga kitab ini banyak persamaan dan sedikit perbedaannya, semua hampir sama. Diantaranya yang paling penting, menurut saya, tidak peduli Dewa Rejeki dari arah manapun, seperti yang kita sebut sebagai Dewa Rejeki Lima Arah ( 五路財神 / Wu-lu Cai-shen ), Lima Jambhala (五姓財神 / Wu-xing Cai-shen ) atau Lima Dewa Rejeki Tantra, Dewa Rejeki Surgawi, Raja Naga (龍王 / Long Wang), Raja Giri (Dewa Gunung / 山王 / Shan-wang), Vajra Prthivi (堅牢地神 / Jian-lao Di-shen) , bahkan Dewa Ganesha, Dewa Rejeki Akademik (文財神 / Wen Caishen), Dewa Rejeki Militer (武財神 / Wu Caishen), semua ada dalam kekuasaan Dewi Rejeki Ibu Pertiwi. Mahaguru pernah mengatakan bahwa yang paling kaya di surga adalah Catur Maharajika dan Dewa Indra ; Yang paling kaya di samudera adalah Raja Naga ; Yang paling kaya di bumi adalah Dewa Gunung, Vajra Prthivi, Dewi Bumi berbagai penjuru, semuanya merupakan Dewata kemakmuran. Namun Anda tidak mengetahui bahwa termasuk Catur Maharajika di Surga masih merupakan Bhu Svarga, surga yang berlokasi di pinggang Gunung Sumeru merupakan daerah Ibu Pertiwi ; Raja Naga Samudera juga termasuk dalam kekuasaan Ibu Pertiwi ; Bahkan semua Dewa Gunung, Dewa Bumi Lokal, Lima Penjuru, Lima Jambhala dan semua Dewa Rejeki, tidak ada satupun yang lolos dari kekuasaan Ibu Pertiwi. (Suara tepuk tangan hadirin) Jadi , hari ini saya katakan bahwa dalam mengundang Dewa Rejeki, yang paling utama adalah Ibu Pertiwi . Termasuk Bhu Svarga, semua merupakan kekuasaan Beliau.


✽偉大的地母菩薩
✽Bodhisattva Prthivi Yang Agung

地母菩薩怎麼偉大呢?看祂的金身就知道,右手拿著拂塵,左手拿著八卦,腳踩的是大地。我所知道的地母是右手拿著拂塵、左手拿著八卦、左腳踩著地球。但是,這一尊沒有踩地球,祂是踩著地球的表面,也算是踩著地球啦!這是象徵整個地球、須彌山、四大洲、八小洲、七功德海、七香水海,全部歸祂統管。你說,哪一種金銀珠寶、金銀銅鐵,和所有的珍珠寶物、珊瑚、七珍八寶,不是地母所擁有的?稍微想一想,祂應該是最大的財神,包括所有的建築、最貴的汽車、一切用品,包括吃的、穿的、行走的、住的、睡覺的,全部出自於地球,也就是地母菩薩所管。所以,地母的功德很大。我們就以祂的名為心咒:「嗡。地母悉地。吽。」,祂的手印和所有母性主尊的手印是一樣的,瑤池金母的手印也是這樣,地母的手印也是這樣。有了手印,有了咒,有了祂的形象,就成為密教的法。所以,地母娘娘是我們真佛宗的不共大法,祂也就是我們最大的財神,任何一種財寶、房子、土地、汽車、洋房和任何一個東西,全部出自地母菩薩。只要是當地母菩薩的主祈,你的福分本來是一分的,增加成為一百分。(眾鼓掌)我們在這裡向地母菩薩祈禱,今天的報名者、主祈者、參加者,請地母菩薩賜給他們最大的財富。今天,在這裡,特別向地母菩薩祈禱,藉著護摩的大法力,請您賜給主祈者、報名者、參加者每一個人都有財富。
Kenapa Bodhisattva Prthivi sangat agung ? Dengan memahami Pratima Nya maka Anda akan tahu, tangan kanan membawa vyajana (kebutan) , tangan kiri membawa Delapan Trigram (八卦 / Ba-gua) dan kaki berpijak pada bumi. Pratima Ibu Pertiwi yang saya ketahui adalah, tangan kanan membawa vyajana, tangan kiri membawa Delapan Trigram dan kaki kiri berpijak pada bumi. Kaki yang berpijak pada bumi ini melambangkan seluruh Bhu-loka, Gunung Sumeru, Empat Benua Besar, Delapan Benua Kecil, Samudera Sapta-guna, Samudera Sapta-parimala, semua termasuk dalam kekuasaan Bhu-shakti. Semua emas, mutiara, permata, perak, perunggu, logam dan semua benda berharga yang bukan berasal dari (unsur) bumi ? Coba pikirkan, Beliau adalah Dewa Rejeki yang paling agung, termasuk semua bangunan, mobil mewah, semua perkakas, termasuk pangan, sandang, transportasi, tempat tinggal, keperluan untuk tidur, semuanya berasal dari bumi, merupakan kekuasaan Bodhisattva Prthivi. Oleh karena itulah budi jasa kebajikan Ibu Pertiwi sangat agung.
Kita mendaraskan Nama Nya sebagai Mantra Hati : “Om Di-mu Xidi Hum.” , mudra Nya sama dengan mudra semua Bhagavati, demikian juga dengan mudra Yaochijinmu, mudra Ibu Pertiwi juga demikian. Dengan adanya mudra, mantra, pratima, maka menjadi Sadhana Tantra. Oleh karena itu, Sadhana Ibu Pertiwi merupakan Mahasadhana Avenika Satyabuddha, Beliau juga merupakan Dewa Rejeki kita yang paling agung, karena semua macam permata mutu manikam, rumah, tanah, mobil, rumah mewah dan semua benda berasal dari Bodhisattva Ibu Pertiwi. Asalkan menjadi pemohon utama pada Bodhisattva Ibu Pertiwi, jika pada mulanya berkah Anda adalah satu, maka akan bertumbuh menjadi seratus. (Suara tepuk tangan hadirin) Disini kita berdoa kepada Bodhisattva Ibu Pertiwi, semoga semua yang mendaftar pada hari ini, yang menjadi pemohon utama, yang turut hadir, mohon Bodhisattva Ibu Pertiwi menganugerahkan kemakmuran yang paling agung kepada mereka semua. Saat ini disini, dengan khusus berdoa kepada Bodhisattva Ibu Pertiwi, dengan kekuatan agung Dharmabala Api Homa, mohon Anda menganugerahkan kepada pemohon utama, yang mendaftar, yang hadir, supaya mereka semua memiliki kekayaan.


✽貪法的弟子,每一尊都要修看看,然後,修了一百尊,卻沒有一尊相應
✽Siswa Yang Serakah Akan Metode, Ingin Mencoba Sadhana Tiap Adinata,
✽Setelah Melakukan Ratusan Macam Sadhana, Hasilnya Tidak Ada Satupun Yang Beryukta

到現在,已經有兩年的時光,快三年的時光回到這裡,每個星期做護摩,都有一尊新的。在這兩年當中,我不知道做了多少尊的護摩,我沒有辦法統計。你們懂computer的,電腦按一按就知道,做了幾尊都是新的護摩,新的不得了,新鮮的,保證是新的護摩。其實,這樣子是不太好,好處也是有,好處是讓你們大家選擇本尊,有很多的選擇。壞處是,貪法的弟子,每一尊都要修看看,然後,修了一百尊,卻沒有一尊相應,這就是壞處。 
舉一個例子來講,講比較簡單的,有一個人在高速公路上開車,開的速度很快,因為他周圍的車子都開得很快,所以,他也跟著快,已經超速了,交通警察就將他攔下來,沒話講,就是開罰單啦!他問交通警察:「這麼多的車都是超速的,為什麼你只開我的罰單?不開他們的罰單?」這個人也有不平之怨啦!交通警察還是開罰單,慢慢開,開完了,就拿給他。問他說:「你釣過魚嗎?」「我年輕的時候釣過魚。」「那你每一次釣魚都是釣幾條?」「都是釣一條嘛!」交通警察講:「你看嘛!每一次釣魚都是一條喔!很簡單的,很清楚的告訴你,我就是釣到你這一條。那麼多車過去,我哪有可能將每一部車都攔下來,一定是釣其中一條,稍微慢一點的那一部。」跑得快的,他沒辦法照相或攔下來,他這一部雖然是超速,但是跑得慢一點,所以被攔下來,就這麼讓那一位超車的心服口服。
釣魚只能釣一條。像我們做護摩,做了幾百尊的護摩,那麼多尊,你每一尊都想相應,真的假的?哪有辦法?連我也沒辦法,你只要相應一尊啊!再以這一尊召請所有的諸尊,每一尊就可以相應。(眾鼓掌)人和人當朋友,神和神當朋友,菩薩和菩薩當朋友,佛和佛當朋友,只要你相應了一個神明,所有的神明都會跟你相應;你相應了一個菩薩,所有的菩薩都會跟你相應;你相應了佛,所有的諸佛菩薩、金剛、護法、空行、諸天,全部都會跟你相應。剛開始的時候,師尊是跟瑤池金母相應,跟多傑帕姆(金剛亥母)相應,跟幾里幾拉呀(普巴金剛)相應。所以,在你相應了以後,所有的護法神,所有的諸佛菩薩、金剛、護法、空行、諸天,就全部統統都會跟你相應。這時候,你求甚麼有甚麼,會應你的,相應就是會應你的,隨時在你左右。你由相應的這一尊,再召請所有一切的諸尊,一切的諸尊會全部下降。
Sampai saat ini, sudah hampir tiga tahun di Taiwan, tiap minggu memimpin Upacara Api Homa, selalu ada satu Adinata yang baru. Dalam waktu dua tahun ini, saya tidak tahu telah memimpin Api Homa dari berapa macam Adinata, saya tidak dapat menghitungnya. Kalian yang mengerti computer, tekan-tekan tombol maka akan tahu kita telah melaksanakan Api Homa berapa Adinata, banyak Adinata api homa yang baru. Sebenarnya demikian juga tidak terlalu baik, tentu saja ada manfaatnya, manfaatnya adalah supaya saat Anda memilih yidam ada banyak pilihan. Namun sisi buruknya adalah bagi siswa yang serakah akan metode, menjadi ingin mencoba-coba sadhana tiap Adinata, kemudian, setelah menekuni ratusan macam sadhana, ternyata tidak ada satupun yang beryukta, inilah sisi buruknya.
Saya beri satu contoh sederhana, ada seseorang yang menyetir dengan kecepatan melebihi batas di jalan tol, dia melihat semua mobil disekitarnya melaju dengan cepat sehingga dia juga ikut-ikutan memacu mobilnya dengan cepat, akhirnya dia tertangkap oleh polisi lalu lintas dan tanpa banyak bicara langsung diberi surat tilang. Dia bertanya kepada polisi lalu lintas : “Banyak sekali mobil yang dikendarai melebihi kecepatan maksimum, kenapa Anda hanya menilang saya ? Kenapa mereka tidak ditilang juga ?” Orang ini merasa diperlakukan tidak adil. Namun polisi tersebut masih tetap menulisi surat tilang, kemudian diserahkan kepadanya dan bertanya : “Anda pernah memancing ?” , Pengendara itu menjawab : “Saya memancing saat masih muda.” ; Polisi : “Jadi satu kali terpancing berapa ekor ikan ? “ , pengendara menjawab : “Tentu saja satu ekor !” ; Polisi lalu lintas itu menjawab : “Nah ! Satu kali terpancing pasti hanya satu ekor ! Sederhana saja saya beritahu Anda, saat ini saya sedang memancing Anda satu ekor ! Demikian banyak mobil yang berlalu, bagaimana mungkin saya bisa menghentikan semuanya sekaligus ? Pasti hanya bisa memancing satu diantaranya, yaitu satu yang sedikit lebih lambat.” Yang terlampau cepat tidak dapat dihadang, sedangkan mobilnya meskipun melebihi kecepatan maksimum , namun masih lebih lambat dibanding yang lainnya.
Memancing ikan hanya bisa satu ekor. Seperti kita melakukan Api Homa, sudah melakukan Homa ratusan Adinata, demikian banyak Adinata, Anda ingin beryukta dengan semuanya, ini sungguh-sungguh atau tidak ? Bagaimana mungkin ? Bahkan saya juga tidak bisa. Asalkan Anda mampu beryukta dengan satu Yidam, kemudian dengan yukta Yidam ini mengundang semua Adinata yang lainnya, maka dengan demikian juga akan mampu beryukta dengan Adinata lainnya. (Suara tepuk tangan hadirin)
Manusia berteman dengan manusia, Dewa berteman dengan Dewa, Bodhisattva berteman dengan Bodhisattva, Buddha berteman dengan Buddha ; Asalkan Anda beryukta dengan satu dewa, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua dewa. Asalkan Anda beryukta dengan satu Bodhisattva, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua Bodhisattva. Asalkan Anda beryukta dengan satu Buddha, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua Buddha, Vajra, Dharmapala, Daka-Dakini dan Para Dewata.
Pada mulanya Mahaguru beryukta dengan Mahadewi Rsi Yaochi, beryukta dengan Dorje Pagmo (Vajra-varahi /金剛亥母/ Jin-gang Hai-mu) , beryukta dengan Kilikilaya (Vajra Phurba) .
Jadi , setelah Anda berhasil mencapai yukta, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua Dewa Dharmapala, semua Buddha Bodhisattva, Vajra, Dharmapala, Daka-Dakini dan para Dewata. Pada saat itu, apa yang Anda mohon akan terpenuhi, Anda akan memperoleh jawaban, setiap saat Beliau akan bersama Anda. Jadi dari satu Yidam yang telah beryukta dengan Anda, Anda dapat mengundang semua Adinata, dan semua Adinata akan hadir.


✽母性金剛神的威力很大 , 而且最容易相應
✽Bhagavati Vajrini dan Devi Memiliki Kekuatan Dahsyat, Bahkan Yang Paling Mudah Beryukta

今天的地母菩薩,當我一坐下來,祂就跟我相應。為什麼?因為瑤池金母。這些母性的菩薩,般若佛母、多傑帕姆、瑤池金母、地母菩薩,母性的全部都相應,母性的菩薩相應了;所有公性的菩薩都相應。母性的菩薩都相應了,哪怕公性的菩薩不相應?很簡單的,公的都跟母的求婚啊!你只要跟母性的相應了,你看密教的金剛神,母性的威力很大,像「長壽五天女」、「十二吉祥天」,都是母性的。在密教裡面,這些修行喇嘛大部分都是男眾,但是,蓮華生大士講過:「所有一切的空行母要先相應,而且最容易相應。」蓮華生大士講的「空行母最容易相應」,只要你和空行母相應了,其他一切的相應隨後而來,只要修法就相應。所以,像地母菩薩、瑤池金母、白空行母、綠度母、多傑帕姆、般若佛母,只要你相應了,告訴你,所有公性菩薩都是女性菩薩所出生的。(眾鼓掌)因此,在密教裡面,絕不貶抑女性。這在「密教十四大戒」中就有,不將女性貶得很低。在本質上是這樣,一切眾生皆由母生。你看,天公落水(客家話:下雨),天公落雨(廣東話:下雨)天公是閩南話。那麼,像八卦裡的天公地母,「乾」代表「天」,「坤」代表「地」。大家都尊敬天公,難不成可以不敬地母嗎?所以,天地都要敬啊!因為地出生一切,才稱為地母啊!
Hari ini, begitu saya duduk di Dharmasana, Bodhisattva Ibu Pertiwi langsung beryukta dengan saya. Kenapa demikian ? Karena Mahadewi Rsi Yaochi. Asalkan Anda beryukta dengan Bodhisattva Shakti ini (Bhagavati atau Adinata Wanita) , seperti Prajna-paramita Bhagavati, Dorje Pagmo, Mahadewi Rsi Yaochi maupun Bodhisattva Ibu Pertiwi, maka Anda juga akan beryukta dengan semua Bodhisattva Bapa (Adinata Laki-laki).
Asalkan beryukta dengan Bodhisattva Ibunda , kenapa takut tidak mampu beryukta dengan Bodhisattva Bapa ? Alasannya sangat sederhana, karena laki-laki lah yang melamar wanita ! Asalkan Anda beryukta dengan Bhagavati, coba Anda lihat semua Devi dan Vajrini dalam Tantrayana, semua Adinata Ibunda memiliki kekuatan yang dahsyat, seperti Lima Devi Panjang Usia, 12 Sri Devi, semua adalah Ibunda.
Dalam Tantrayana kebanyakan lhama adalah pria, namun Guru Padmasambhava pernah mengatakan :
“Harus terlebih dahulu beryukta dengan semua Dakini , bahkan yang paling mudah untuk beryukta.”
Guru Padmasambhava mengatakan bahwa Dakini adalah yang paling mudah untuk beryukta, asalkan Anda telah beryukta dengan Dakini, maka semuanya juga akan beryukta, asalkan bersadhana maka akan beryukta.
Oleh karena itu, asalkan Anda beryukta dengan Bodhisattva Ibu Pertiwi, Mahadewi Rsi Yaochi, Sita Dakini, Syama Tara, Dorje Pagmo (Vajra Varahi) maupun Prajna-paramita Bhagavati , saya beritahu Anda, semua Bodhisattva pria dilahirkan oleh Bodhisattva Wanita. (Suara tepuk tangan hadirin)
Dengan demikian, dalam Tantrayana sudah pasti tidak memandang remeh kaum wanita, dalam 14 Sila Utama Tantrayana ada sila supaya tidak memandang rendah wanita. Demikianlah pada hakekatnya bahwa para insan terlahir dari Ibu.
Anda perhatikan, Bapa di surga menurunkan hujan (Mahaguru melafalkan ungkapan ini dalam dialek Kanton dan Minan) Kemudian, seperti halnya Bapa Surga dan Ibu Pertiwi dalam Delapan Trigram, “Qian” melambangkan Langit , dan “Kun” melambangkan bumi. Semuanya menghormati Bapa Surga, apakah dengan demikian tidak perlu menghormati Ibu Pertiwi ? Oleh karena itulah langit dan bumi perlu dihormati. Karena bumi melahirkan segalanya, maka disebut sebagai Ibu Pertiwi.



✽先一尊相應,不要每一尊都修,千萬不要這樣
✽Harus Beryukta Terlebih Dahulu Dengan Satu Yidam
✽Jangan Serakah Ingin Menekuni Sadhana Tiap Adinata, Sungguh Jangan Demikian

跟大家講修法,先一尊相應,不要每一尊都修,千萬不要這樣,只要你看到的是跟你非常有緣的,就專修這一尊,修到相應為止。然後,你再來修別尊。那麼,相應的這一尊,你就要經常祈禱祂能跟著你,只要你有相應一尊,就可以相應很多尊,這是我的經驗。我在「喜金剛」裡面有講,當一名瑜伽的行者,受到上師的加持,本尊的攝受,護法的擁戴的時候,再來最重要的是修出「自力」,就是自己的力量。首先相應的時候,是「他力」,像瑤池金母幫助我,就是他力;當你自己有了證量以後,你就變成有了自己的力量。像禪宗,就是屬於自力,淨土就屬於他力。律宗屬於他力少、自力多;而密教,是他力和自力都有。現在的四個宗派──禪、淨、密、律,只有密宗有自力和他力。剛剛相應的時候是他力,後來就變成自力,最後修出來就變成自己的力量。只要你相應了這一尊以後,上師為你灌頂,就等於是加持力;本尊攝受你,就是本尊已經看到你在修祂的法了,祂跟你相應了,就攝受你;這時候,本尊周圍的所有護法,也會擁戴你,這樣就是護法力也有了。所以,有三個力量,一個就是上師力,一個就是本尊力,還有一個就是護法力,這講的就是力量,最後要修出自己的力量。
講一個道理。我很喜歡講精神病院的笑話,有一個精神病院,裡面有兩個精神病患,他們約好要逃出醫院,他們要逃出杜鵑窩,但是有十道牆,所以他們要爬十道牆。這兩個精神病患就開始爬牆,翻過一道牆,又有第二道牆,又再爬,爬了六道牆後,甲精神病患問乙精神病患:「你累不累啊?」乙精神病患講:「爬六道牆,還可以,不累,我們再繼續爬。」他們再爬爬爬爬,爬到第九道牆、第十道牆就可以出去了,甲又問乙:「你累不累啊?」乙說:「爬到第九道牆,我已經累了。」甲就跟乙講:「我們再爬回去吧!」對於精神病患,當然不能用一般的想法去想他們怎麼想的,「既然爬到第九道牆已經累了,我們就爬回去吧!」我們修行,就是這樣的,你已經快要到地頭了,已經快要相應了,你不能回頭再找別尊、再修別尊哪!你想說:「哎呀!這一尊我一定沒辦法相應,根本沒辦法相應。」然後,翻轉回來,再修別尊。其實,只要你認定是有緣的,先一尊相應,一就是多啊!多就是一啊!你只要一尊相應,其他尊就可以相應。
Saya beritahu Anda mengenai sadhana, terlebih dahulu beryukta dengan satu Yidam, jangan ingin menekuni sadhana tiap Adinata, sungguh jangan sampai demikian. Asalkan Anda melihat Anda sangat berjodoh dengan yidam tersebut, maka tekunilah satu yidam tersebut sampai beryukta. Kemudian barulah Anda bisa menekuni Adinata yang lain. Sedangkan terhadap yidam Anda , Anda harus sering berdoa supaya Beliau senantiasa beserta Anda, asalkan Anda beryukta dengan satu Yidam, maka akan mampu beryukta dengan banyak Adinata, ini pengalaman saya.
Dalam penjelasan Hevajra saya telah mengatakan bahwa saat seorang sadhaka yogi menerima adhistana Guru, yukta dengan Yidam dan perlindungan Dharmapala, maka kemudian yang paling penting adalah merealisasi “Kekuatan Sendiri”, yaitu kekuatan diri sendiri.
Terlebih dahulu adalah yukta , ini merupakan “Kekuatan Luar”, seperti halnya saat Mahadewi Rsi Yaochi menolong saya, ini termasuk kekuatan luar ; Kemudian setelah Anda sendiri memiliki realisasi, maka Anda mulai memiliki “Kekuatan Sendiri”.
Seperti sekte Zen, ini termasuk mengandalkan “Kekuatan Sendiri”, sekte Tanah Murni termasuk “Kekuatan Luar”. Sekte Vinaya termasuk “Sedikit Kekuatan Luar” dan “Banyak Kekuatan Sendiri” ; Sedangkan Tantrayana ada semua “Kekuatan Luar” dan “Kekuatan Sendiri”.
Diantara empat sekte : Zen, Tanah Murni, Tantra dan Vinaya, hanya Tantrayana yang terdapat “Kekuatan Luar” dan “Kekuatan Sendiri”. Pada saat baru saja beryukta , ini disebut “Kekuatan Luar”, kemudian berubah menjadi “Kekuatan Sendiri”, terakhir kalinya penekunan bhavana adalah realisasi kekuatan diri sendiri. Asalkan Anda telah beryukta dengan satu yidam, Guru mengabhiseka Anda, ini termasuk kekuatan adhistana ; Yang disebut dengan Yidam berkenan dengan Anda yaitu saat Yidam telah mengetahui bahwa Anda menekuni sadhana Nya, kemudian Beliau beryukta dengan Anda, maka berarti berkenan dengan Anda ; Saat itu, semua Dharmapala disekitar yidam akan melindungi Anda, dengan demikian Anda telah mempunyai kekuatan Dharmapala. Jadi, ada tiga kekuatan, yaitu kekuatan Guru, kekuatan Yidam dan kekuatan Dharmapala, kemudian terakhir harus merealisasikan kekuatan diri sendiri.
Ada sebuah alasannya, saya sangat menyukai lelucon mengenai rumah sakit jiwa, ada sebuah rumah sakit jiwa, di dalamnya ada dua orang pasien, mereka telah menyusun rencana untuk bersama kabur dari rumah sakit jiwa, tapi ada sepuluh lapis tembok, jadi mereka harus memanjat sepuluh tembok. Kedua pasien ini mulai memanjat tembok, setelah melewati tembok pertama, kemudian tembok ke dua, kemudian memanjat lagi, setelah memanjat tembok ke enam, salah satu pasien itu bertanya pada yang lainnya : “Tidakkah kamu lelah ?” ,Yang satu menjawab : “Sudah memanjat enam tembok, masih lumayan, tidak lelah ! Kita lanjutkan memanjat !” Mereka melanjutkan memanjat dan terus memanjat. Mereka sudah memanjat sampai tembok ke Sembilan, dimana setelah yang ke sepuluh maka sudah bisa lolos. Pasien yang satu bertanya lagi : “Tidakkah kamu lelah ?” , yang satu menjawab : “Setelah memanjat sampai tembok ke Sembilan saya sudah mulai lelah.” :Pasien yang tadi mengatakan : “Kalau begitu, lebih baik kita memanjat kembali !”
Terhadap orang sakit jiwa, tentu saja kita tidak dapat menggunakan pemikiran biasa untuk membayangkan apa yang mereka pikirkan, “Jika memang telah memanjat tembok ke Sembilan dan sudah lelah, lebih baik kita kembali saja !” Demikian juga dengan bhavana kita, saat Anda sudah hampir sampai tujuan, sudah hampir beryukta, Anda jangan menoleh kebelakang mencari yidam yang lain, untuk menekuni sadhana yang lain.
Mungkin Anda mengatakan : “Aduh ! Saya pasti tidak bisa beryukta dengan yidam ini, benar-benar tidak mampu.” Kemudian kembali lagi menekuni yidam lain. Sesungguhnya, asalkan Anda telah memutuskan bahwa Anda berjodoh, memilih satu yidam sampai beryukta, maka satu adalah semua ! Dan semua adalah satu ! Asalkan Anda beryukta dengan satu yidam, maka dengan Adinata yang lain juga akan dapat beryukta.

To Be Continued

共法"跟"不共法 / Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum

"共法"跟"不共法"
Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum
 
✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

✽Source : 一九九一年二月十四日蓮生活佛開示於真佛密苑http://www.tbi.org.hk/Grandtalk/2278.htm
Kutipan Dharmadesana Mahaguru Liansheng 14 Feb 1991

✽Special Thanks To Dharma Brother Yee Kok Hing

Translated by Lianhua Jun Shi An


Dalam Sadhana Tantra ada yang disebut sebagai Sadhana Umum (Venika Sadhana) dan Sadhana Tidak Umum (Avenika Sadhana). Masih banyak yang belum memahami apa itu Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum. Sadhana Umum adalah termasuk Sadhana yang ditekuni bersama, seperti Maha-namaskara, pujana, sarana , Vajracitta dan Guru-yoga, ini semua termasuk Sadhana Umum. Jika dibagi lagi secara terperinci, Sadhana Yidam masih termasuk

地藏王菩薩為什麼能住在地獄裡面呢? / Kenapa Ksitigarbha Bodhisattva Mampu Menetap di Neraka ?

♥地藏王菩薩為什麼能住在地獄裡面呢?  
Kenapa Ksitigarbha Bodhisattva Mampu Menetap di Neraka ?

♥在惡業滿貫的人講起來,任何的地方都是地獄
Orang Yang Terbiasa Melakukan Karma Buruk Merasakan Bahwa Dimanapun Adalah Neraka

✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source : 蓮生活佛開示一九九六、十、五
http://www.tbi.org.hk/Extracttalk/1318.htm
Kutipan Dharmadesana Mahaguru 1996, 10, 05

Special ⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴謝謝⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ To Dharma Brother Yee Kok Hing

Translated by Lianhua Ĵυή Shi An

Kenapa Ksitigarbha Bodhisattva mampu menetap di dalam neraka ?
Singkat kata adalah karena "Batin".
Inilah yang disebut dengan segala sesuatu adalah ciptaan batin sendiri, neraka sendiri tercipta secara maya karena karma buruk insan sendiri. Ksitigarbha Bodhisattva tiada karma buruk , tempat bersemayam Nya adalah Istana Kumala yang kondisinya sama dengan Sukhavatiloka. Oleh karena itu, begitu Beliau sampai di neraka, semua bertransformasi menjadi sangat indah, menjadi Sukhavatiloka.

Seorang anggota Sangha yang memiliki realisasi agung, saat sampai di alam bardo menjumpai gunung golok, gunung golok akan bertransformasi menjadi Hotdog yang lezat. Saat Ia sampai di neraka beku, semua akan berubah menjadi es krim, Neraka Lautan Api akan berubah menjadi sauna, di dalamnya justru akan memberikan kesehatan, membuat Anda berkeringat, membuat tubuhnya rileks dan merasa nyaman. Saat Ia terjatuh ke Neraka Pohon Pedang, Pohon Pedang akan bertransformasi menjadi padma.

Maka, menurut seorang yang merealisasikan Kebenaran, segala tempat adalah Sukhavatiloka ;Sedangkan menurut orang yang gemar melakukan karma buruk, segala tempat akan terasa seperti neraka. Sebab segalanya diundang oleh batin diri sendiri. Tentu saja Ksitigarbha Bodhisattva tidak mengundang neraka, Beliau di neraka mengamati para insan yang sedang didera akibat karma buruk, kemudian berwelas asih menggunakan upaya Beliau untuk mengentaskan para insan di neraka, Beliau tidak akan mengalami ilusi penderitaan neraka.

Oleh karena itulah, hati seorang sadhaka sangatlah penting, jangan sampai sradha menjadi mundur hanya karena mengalami beberapa kekuatan rintangan, menurut saya sendiri , saya memiliki kegigihan yang penuh, setiap hari saya menemui berbagai serangan dan fitnahan, namun saya terus melangkah maju, kegigihan saya tetap tidak akan sirna. Dewasa ini beberapa sadhaka yang mengalami sedikit kekecewaan saja sudah tumbang.

◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦

地藏王菩薩為什麼能住在地獄裡面呢?很簡單說就是「意」,所謂一切唯心造,地獄本身是人的惡業才會幻化出來的。地藏王菩薩本身沒有什麼惡業,祂住的地方叫翠微宮,跟極樂世界完全一模一樣。所以祂到了地獄去,一切都變得非常好,成為極樂世界。

一個有道高僧的境界啊,到陰間去,看到刀山,刀山就變成美味的熱狗,到了寒冰地獄,所看都變成冰淇淋,火海地獄也變成三溫暖,裡面很健康,讓你流汗,身體輕鬆舒服啊!掉下劍樹地獄,劍樹都變成蓮花。

所以在有道的人來說,任何地方都是極樂世界;在惡業滿貫的人講起來,任何的地方都是地獄,因為一切是你自心所感召出來的。地藏王菩薩當然不感召地獄,祂在地獄觀察所有業報的眾生,用祂本身的方法去救度及慈悲地獄眾生而已,祂不會有地獄的那種覺受。

所以行者的心很重要,不要遇到一些阻力就退了道心,我自己認為,我的毅力十足,我遇到的挫折毀謗,天天都有,就是一直勇往前進,毅力依舊不減。今天有些修行 人,稍微遭到一點挫折就倒了。

Manawa Dharma Sastra


श्लोक :
धर्म एव हतो हन्ति धर्मो रक्षति रक्षितः ।
तस्माद्धर्मो न हन्तव्यः मानो धर्मो हतोवाधीत् ॥
- मनुस्मृति

English Transliteration:
Dharma Eva Hato Hanti Dharmo Rakshati Rakshitaha!
Tasmat Dharmo Na Hantavyo Mano Dharmo Hatho Vadid.
-Manu Smriti-

Meaning:

釋迦牟尼如來及西方三聖 / Sakyamuni Tathagata dan Trini Arya

釋迦牟尼如來及西方三聖  
Sakyamuni Tathagata dan Trini Arya

✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source :  Taisho Tripitaka 1 No 12

Translated by Lianhua Jun Shi An


Pada saat itu, di hadapan Buddha muncul cahaya keagungan, menerangi seluruh Jambudvipa, bahkan sampai ke Negeri lainnya, dari dalam cahaya tersebut berkumandang gatha :
Engkau yang menuntun pada pembebasan melalui metode Maha-karuna.
Bersemayam di Gunung Potaloka di dunia saha.
Yang senantiasa mengamati dunia.
Yang memiliki ikrar nidana untuk memberikan manfaat pada semua.

Saraswati Bhujanga Prayata Stotram (1)

Sada bhavayeham prasadena yasyaa,
Pumamso jadaa santhi lokaika nadhe,
Sudha pura nishyanthi vagreethayaswam,
Sarojaasana prana nadhe hrudhyanthe.

I meditate on her who sits on the lotus,
Who is the goddess of the worlds,
Through whose blessings even idiots,
Become capable of words dripping with nectar.

我入妙音母三摩地,
坐莲花座上的妙音佛母世间之天女
妙音佛母的甘露加持甚至于能够把疑痴的人转化为辩才无碍

Source :
Saraswati Bhujanga Prayata Stotram (1)

大梵天王及金光明最勝王經 / Brahma Deva dan Raja Sutra Sinar Keemasan Nan Terunggul

大梵天王及金光明最勝王經
Brahma Deva dan Raja Sutra Sinar Keemasan Nan Terunggul

✽ Homage To Mahamulacarya Liansheng
✽ Homage To Golden Light of The Most Victorious King Sutra
 ✽ Homage To Sarasvati Bhagavati

Source : 金光明最勝王經卷第五, 品第十
Suvarnaprabhasottamaraja Sutra Bab 5, Bagian 10

Pic : Brahma King in Chinesse Style

Translated by Lianhua Ĵυή Shi An


"Mahabrahma , dengan tepat mendengar maupun menerapkan Suvarnaprabha Sutra nan luhur ini akan menghasilkan kekuatan nan agung. Diandaikan ada orang yang mempraktekkan Sadparamita tanpa kemudahan selama ratusan ribu mahakalpa, pahala yang dihasilkan tidak ada seper seratus dari putera maupun puteri yang berbudi yang menyalin Suvarnaprabha Sutra ini dan selama setengah bulan berkonsentrasi melafalkannya. Pahala yang dihasilkan tidak terungkapkan dengan kata-kata."