香水清淨觀 -- Visualisasi Kemurnian Gandhavari
☆ source chinesse article : http://www.tbsn.org/chinese2/article.php
Translated by Lianhua Jun Shi An
Saya mempunyai satu kotak mustika, saat dibuka, di dalamnya ada kain lima warna. Saat saya membukanya, ada lima kumara yang turun dari angkasa, kelima kumara ini antara lain berwarna : putih-merah-biru-kuning dan hijau, kelima kumara ini masing-masing membawa kain lima warna dari dalam kotak mustika, bagaikan burung terbang memasuki ratna-kalasa (botol mustika), mencelup kedalam gandhavari (minyak wangi) kemudian membasuh Buddha Hidup Liansheng, gandhavari ini adalah Air Sifat Sejati Sadparamita.
Kondisi ini sangat menakjubkan.
Kelima kumara bermanifestasi bagaikan burung terbang, mampu memperkecil tubuhnya, terbang memasuki mulut ratnakalasa, untuk mencelup ke dalam Air Sifat Sejati Sadparamita tersebut.
Air Sifat Sejati Sadparamita ini penuh dengan aroma wangi surgawi, begitu lima bagian terbasahi olehnya, maka sekujur tubuh sadhaka tantra akan memancarkan sinar murni bagaikan vaidurya (lazuardi), bahkan sinarnya terang berkilauan.
Sadhana pemurnian tubuh yang ditekuni secara rahasya oleh Buddha Hidup Liansheng ini tidak ada yang lainnya, saya mempunyai satu kotak mustika, di dalamnya ada kain lima warna, saya mempunyai satu ratnakalasa, di dalamnya adalah Gandhavari Sifat Sejati Sadparamita.
Air di dalam ratnakalasa ini, diambil dari kolam di istana surga.
Air ini bukan air biasa, dapat membuat orang bersuka cita, berkilauan dalam pancaran cahaya putih, sejuk, sangat harum, mengalir dari hati para dewata di surga.
Kolam di Istana Surga terbentuk dari berbagai macam ratna manikam, dikelilingi oleh pohon mustika, pemandangan sekitarnya sangat indah menakjubkan, diperagung oleh warna warni bunga-bunga mustika , empat tepian kolam surgawi berpasir emas, sedangkan dasar kolam terbuat dari bata emas. Sedangkan air kolam adalah Gandhavari Sifat Sejati Sadparamita.
Saya ingat saat Sakyamuni Buddha terlahir di dunia , dari angkasa berkumandang nyanyian :
Saat Hyang Arya Baghavan hendak terlahir
Para dewa mempersembahkan gandhavari murni.
Bermandikan gandhavari tanpa noda
Sekujur tubuh memancarkan sinar keunggulan vaidurya.
Gandhavari dari kolam istana surga ini, memurnikan semua noda, dari hati terpancar sinar murni, membangkitkan cahaya terang nan vijaya (unggul), diri sendiri murni, Dharmadhatu juga murni, merupakan keluhuran teragung diantara semua keluhuran.
Merupakan yang tak terperikan diantara semua yang luar biasa, sungguh membuat orang memuliakannya !
Di Buddha Hidup Liansheng, terdapat sadhana tantra luhur yang sangat sukar didengar di seantero dunia ini, Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini merupakan salah satu dari sadhana tantra yang sangat misterius dan tak terbayangkan.
Untuk menekuni Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari, harus menekuni Sadhana Kotak Mustika dan Sadhana Ratnakalasa.
Sadhana Kotak Mustika, menyediakan sebuah kotak yang terbuat dari emas maupun perak, di dalamnya dimasukkan kain lima warna yang bersih, kelima kain bersih tersebut harus sudah diadhistana dengan Sadhana Pancakula (Lima Bagian).
Sadhana Buddha-kula : Dengan cahaya putih menyinari kain putih. (Mandala cakra air).
Padma-kula : Dengan cahaya merah menyinari kain merah (mandala cakra api)
Vajra-kula : Dengan cahaya biru menyinari kain biru (mandala cakra angin)
Sadhana karma-kula : Dengan cahaya kuning menyinari kain kuning. (mandala cakra-bumi)
Sadhana ratna-kula : Dengan cahaya hijau menyinari kain hijau. (mandala cakra angkasa)
Sadhana Ratnakalasa : Dengan ratnakalasa yang terbuat dari emas atau perak, di dalamnya diisi air tanpa asal.
Tangan membentuk mudra Ratnakalasa, kedua tangan beranjali, ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan dan kiri saling bersentuhan membentuk lingkaran, ibu jari menekan jari telunjuk, ketiga jari lainnya berdiri beranjali, demikianlah mudranya.
Bervisualisasi, di angkasa terdapat banyak para dewata yang masing-masing membawa kalasa suci (vas atau tempat air suci) di tangannya, mereka semua menuangkan air dari kalasa suci ke dalam ratnakalasa.
Melafal mantra : “Om Ga-da Sa-ma-ya Shi-li-ye A”lafalkan mantra ini sampai menyaksikan ratnakalasa memancarkan cahaya putih.
Jika Sadhana Kotak Mustika dan Sadhana Ratnakalasa telah paripurna.
Barulah menekuni Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari.
Semayamkan Kotak Mustika dan Ratnakalasa dihadapan sadhaka , lakukan sesuai dengan urutan sadhana , seperti melafal mantra pemurnian, melafal mantra vandana, mahanamaskara, mahapuja, catur-sarana, simabandhana diri, melafal Sutra Raja Agung Avalokitesvara, kemudian memegang kain bersih tersebut, celupkan ke dalam air dalam ratnakalasa, basuhkan pada lima lokasi tubuh dengan gerakan memutar ke kanan .
Visualisasikan kelima kain tersebut memancarkan sinar lima warna yang memasuki lima lokasi tubuh, tubuh bagian bawah dan atas semua terbasahi.
Melafal mantra : “Om La-ha-li-yi-a-ye Suoha” 108 kali.
Lantunkan Gatha pujian :
香水所染無等淨妙巾。敬於一一聖身善拂拭。
Xiāngshuǐ suǒ rǎn wú děng jìng miào jīn. Jìng yú yī yī shèng shēn shàn fúshì.
Kain suci yang basah oleh gandhavari,
Dengan penuh hormat, satu persatu dibasuhkan ke tubuh Hyang Arya
勝者妙躬固自無煩惱。願淨眾生所有身障礙。
Shèngzhě miào gōng gù zì wú fánnǎo. Yuàn jìng zhòngshēng suǒyǒu shēn zhàng'ài.
Tubuh kokoh Dari Yang Terunggul yang tiada klesha, semoga memurnikan semua rintangan tubuh para insan.
香水所染無等淨妙巾。敬於一一聖身善拂拭。
Xiāngshuǐ suǒ rǎn wú děng jìng miào jīn. Jìng yú yī yī shèng shēn shàn fúshì.
Kain suci yang basah oleh gandhavari,
Dengan penuh hormat, satu persatu dibasuhkan ke tubuh suci
勝者妙勒固自無煩惱。願淨眾生所有語障礙。
Shèngzhě miào lēi gù zì wú fánnǎo. Yuàn jìng zhòngshēng suǒyǒu yǔ zhàng'ài.
Sabda luhur nan kokoh Dari Yang Terunggul, semoga memurnikan semua rintangan ucapan para insan.
香水所染無等淨妙巾。敬於一一妙敕善拂拭。
Xiāngshuǐ suǒ rǎn wú děng jìng miào jīn. Jìng yú yī yī miào chì shàn fúshì.
Kain suci yang basah oleh gandhavari,
Dengan penuh hormat, satu persatu dibasuhkan pada sabda nan luhur
勝者妙心固自無迷亂。願淨眾生所有意障礙。
Shèngzhě miào xīn gù zì wú mí luàn. Yuàn jìng zhòngshēng suǒyǒu yì zhàng'ài.
Batin kokoh Dari Yang Terunggul tiada terombang-ambing, semoga memurnikan semua rintangan batin para insan.
香水所染無等淨妙巾。敬於一一妙心善拂拭。
Xiāngshuǐ suǒ rǎn wú děng jìng miào jīn. Jìng yú yī yī miào xīn shàn fúshì.
Kain suci yang basah oleh gandhavari,
Dengan penuh hormat, satu persatu dibasuhkan pada hati nan luhur
勝者敕心固自無頂惱。願淨眾生身語意塵垢。
Shèngzhě chì xīn gù zì wú dǐng nǎo. Yuàn jìng zhòngshēng shēn yǔyì chéngòu.
Tubuh-ucapan dan pikiran Dari Yang Terunggul, semoga menyucikan noda tubuh-ucapan dan pikiran para insan.
香水所染無等淨妙巾。敬於一一妙心善拂拭。
Xiāngshuǐ suǒ rǎn wú děng jìng miào jīn. Jìng yú yī yī miào xīn shàn fúshì.
Kain suci yang basah oleh gandhavari,
Dengan penuh hormat, satu persatu dibasuhkan kepada batin nan luhur
勝者如是具德上沐浴。馥郁能滿三千世界香。
Shèngzhě rúshì jù dé shàng mùyù. Fùyù néng mǎn sān qiān shìjiè xiāng.
Pemandian Nan Agung yang terunggul dan luhur, keharumannya meliputi triloka
Visualisasikan Air Sifat Sejati Sadparamita ini memandikan sekujur tubuh , memurnikannya tiada noda, menyingkirkan kotoran dari bagian dalam dan luar tubuh, tubuh memancarkan keharuman yang tida taranya, diri sendiri mengenakan mahkota Panca-dhyani, tubuh mengenakan jubah tiga Dharma, dan diperagung dengan untaian perhiasan dari delapan jenis permata, tangan membawa khakkara.
Memasuki samadhi.
Keluar dari samadhi. Melantunkan gatha dan parinamana :
如是具德香水浴。無上大悲自性水。
Rúshì jù dé xiāngshuǐ yù. Wú shàng dàbēi zì xìng shuǐ.
Demikianlah pemandian gandhavari yang penuh keluhuran
Air Sifat Sejati Mahakaruna nan Anuttara
以此加被大智慧。祈賜所欲勝悉地。
Yǐ cǐ jiā bèi dà zhìhuì. Qí cì suǒ yù shèng xīde.
Dengan ini memperoleh anugerah Maha-prajna
Anugerahkanlah Siddhi nan unggul yang aku harapkan.
Paripurna dan manggala.
Buddha Hidup Liansheng mengetahui, di jaman dahulu, beberapa sadhaka tantra akan melakukan penyepian gelap, atau menetap di dalam gua untuk melakukan pelatihan diri dengan keras, setelah melewati waktu yang lama barulah bisa mandi di sungai, kesehariannya sangat jarang mandi, oleh karena itu menekuni Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari, inilah Sadhana Memandikan Diri Sendiri yang sangat terkenal, orang yang menekuni sadhana ini, meskipun dalam waktu lama tidak mandi, namun tubuhnya selalu bersih, beraroma wangi, tiada kotoran, sungguh menakjubkan.
Sadhaka tantra di jaman sekarang, ada yang menggunakan Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini untuk mandi di kamar mandi. Diri sendiri memasuki kamar mandi, terlebih dahulu mengambil kain lima warna untuk membasuh lima lokasi tubuh, kemudian bervisualisasi cahaya melebur, kemudian mulai mandi membersihkan tubuh, setelah mengenakan baju bersih, barulah memasuki altar mandala untuk bermeditasi.
Lima bagian tubuh yang saya maksudkan adalah :
“Dahi – leher, ulu hati, bahu kiri dan bahu kanan.”
Ada sebagian sadhaka yang menunjukkan bahwa lima lokasi aalah :
”Dahi, ulu hati, pusar, bahu kiri dan bahu kanan.
“Air tanpa asal” adalah air hujan, air hujan ini turun dari angkasa, sadhaka menampungnya dengan menggunakan wadah , supaya tidak menyentuh tanah, ini bermakna tiada datang dan tiada pergi, maka dinamakan “Tanpa asal”
Sadhana viusalisasi kemurnian Gandhavari ini sungguh merupakan Ketakjuban Dalam Tantrayana.
Sadhaka yang mencapai realisasi dari penekunan Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini akan memperoleh :
Di kediaman sadhaka akan senantiasa muncul awan manggala lima warna yang mengelilingi kediamannya, dari kejauhan orang akan mengiranya kebakaran, namun saat mendekat ternyata tidak ada apapun, rumah masih berdiri kokoh dalam kondisi baik. Yang lebih menakjubkan adalah di atas kepala sadhaka akan sering memancarkan sinar lima warna.
Memperoleh realisasi dalam sadhana ini, ia akan dilindungi oleh Dewa Surga, menolak bala dan menyingkirkan malapetaka, meskipun terpeleset tubuhnya akan ditopang oleh Dewa Kebajikan, sedikitpun tidak akan terluka, jika teracuni atau dipatuk ular berbisa, maka racunnya akan sirna, sekalipun dipatuk ular juga tidak akan ada masalah.
Sadhaka yang mencapai realisasi dalam sadhana ini, saat berjalan di kegelapan, dengan sendirinya akan ada Dewa Surga yang membawa pelita untuk menerangi jalannya, sadhaka tidak akan dibiarkan terjebak dalam kegelapan, atau akan muncul kunang-kunang yang berkumpul di depan menunjukkan jalan.
Yang paling nampak adalah, dari tubuh sadhaka ini akan terpancar keharuman alami, orang-orang suka berdekatan dengannya, raut mukanya akan selalu bersinar, begitu ia memasuki samadhi, akan muncul berbagai fenomena manggala, sekujur tubuh bercahaya, cahaya usnisa, cahaya ajna, cahaya visuddha, cahaya anahata, cahaya singasana, cahaya belakang dan lain sebagainya.
Jika sadhaka melakukan pembinaan diri di dalam gua, akan ada banyak burung yang beristirahat disana, akan nampak burung bangau diantara kerumunan gunung, hewan buas seperti harimau dan lain sebagainya akan menjadi jinak untuk melindungi sadhaka, menjadi Dharmapala bagi sadhaka, bahkan kera pun akan memetikkan buah untuk dimakan sadhaka.
Yang merealisasi sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini akan memiliki kemampuan menitahkan para hantu, semua akan mendengar perintahnya, jika leluhurnya sedang menderita di alam arwah, sadhaka mampu memerintahkan para setan untuk menolong leluhurnya, supaya leluhurnya pahala sadhana ini juga akan menjadikan berkat bagi leluhurnya sehingga dapat terlahir di alam kemurnian.
Air wangi disebut sebagai Air Sifat Sejati Sadparamita, dan Sadparamita adalah : dana-sila-ksanti-virya-dhyana dan Prajna, setelah merealisasikan Sadparamita ini , maka tiada lagi keserakahan, pelanggaran, kebencian, kemalasan, kekacauan pikiran dan kebodohan. Sadparamita mencakup semua metode Dharma yang ditekuni oleh para Bodhisattva, dari samudera penderitaan kelahiran dan kematian, mencapai tepian Nirvana.
Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini bukan sadhana sepele, melainkan adalah Maha-sadhana, para Suciwan memiliki moralitas dan keluhuran yang menyinari sepanjang masa adalah karena hasil dari Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini. Sadhana Visualisasi Kemurnian Gandhavari ini merupakan permulaan dari pembinaan diri, merupakan sebuah keutamaan bagi tahapan dalam tantrayana.
Mentransformasikan kelayuan menjadi menakjubkan.
Ketakjuban didalam tantrayana ini sungguh sebuah kemampuan agung untuk melampaui.
Sadhana tantra memerlukan abhiseka silsilah baru boleh menekuninya. Segala pertanyaan mengenai sadhana tantra harap ditanyakan kepada Vajracarya dengan demikian sesuai dengan kaidah Dharma. Vihara Di Indonesia Yang Terdapat Acarya Pembimbing :
★ Vajra Acarya Lian Hong
Vihara Vajra Bumi Arama
Alamat : Jl. Manyar Jaya III / 18 - 20, Surabaya - Jawa Timur
Telepon : 031 - 5676 933 / 595 27 15 / 592 07 15 / 371 94 62
★ Vajra Acarya Lian Fei
Vihara Vajra Bumi Nusantara
Alamat : Jl. Vila Permata, Kelurahan Desa Binong,
Kecamatan Curug - Jawa Barat
(di pusat areal perumahan Lippo Karawaci Tangerang)
Telepon : 021 - 591 90 80 / 591 96 80 / 591 96 79
★ Vajra Acarya Lian Yuan
Vihara Vajra Bumi Sriwijaya
Alamat : Jl. Masjid Lama no. 46 (Jl. Sayangan, Lrg. R. Kuningan no. 622),Palembang - Sumatera Selatan
Telepon : 0711 - 350 798 / 817 213
★ Vajra Acarya Lian Zu
Vihara Satya Buddha Purnama
Alamat : Jl. Lombok no. 1, Medan - Sumatera Utara
Telepon : 061 - 457 47 39 / 457 02 24
★ Vajra Acarya Lian Run
Yayasan Buddha Vajra Indonesia
Alamat : Jl. Tubagus Angke blok A 7 C no. 4, Taman Duta Mas -
Jakarta Barat
Telepon : 021 - 564 97 71