Loading...

Wednesday, March 28, 2012

共法"跟"不共法 / Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum

"共法"跟"不共法"
Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum
 
✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

✽Source : 一九九一年二月十四日蓮生活佛開示於真佛密苑http://www.tbi.org.hk/Grandtalk/2278.htm
Kutipan Dharmadesana Mahaguru Liansheng 14 Feb 1991

✽Special Thanks To Dharma Brother Yee Kok Hing

Translated by Lianhua Jun Shi An


Dalam Sadhana Tantra ada yang disebut sebagai Sadhana Umum (Venika Sadhana) dan Sadhana Tidak Umum (Avenika Sadhana). Masih banyak yang belum memahami apa itu Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum. Sadhana Umum adalah termasuk Sadhana yang ditekuni bersama, seperti Maha-namaskara, pujana, sarana , Vajracitta dan Guru-yoga, ini semua termasuk Sadhana Umum. Jika dibagi lagi secara terperinci, Sadhana Yidam masih termasuk

sedikit tidak umum, seperti halnya penekunan Sadhana Cundi, sedangkan yang saya tekuni adalah Sadhana Amitabha, ini sudah termasuk dalam Sadhana Tidak Umum, namun sesungguhnya di dalam ini ada yang disebut sebagai Sadhana Umum Yang Tidak Umum. Apa itu Umum Yang Tidak Umum ? Yaitu banyak penekunan Yidam yang saling berbeda satu sama lain, ini adalah Tidak Umum. Namun ada juga orang yang menekuni Yidam yang sama, maka ini termasuk Umum. Seperti halnya dengan Sadhana Rahula, merupakan salah satu dari Tiga Maha Sadhana Avenika (Tidak Umum) dari Nyingmapa, Rahula merupakan salah satu dari Tiga Maha Dharmapala Nyingmapa yang tertua dalam Tantrayana, dengan penambahan kata Avenika (Tidak Umum) berarti Adinata ini sangat jarang muncul di sekte lain, termasuk berasal dari Nyingmapa, jadi disebut sebagai Tiga Dharmapala Agung Avenika.

Pada kenyataannya, ada yang disebut sebagai Sadhana Umum dan ada pula Sadhana Tidak Umum, demikian pula ada juga yang disebut sebagai Di Dalam Yang Umum Terdapat Unsur Yang Tidak Umum, maupun Di Dalam Yang Tidak Umum Terdapat Unsur Yang Umum, maknanya tentu Anda dapat mengetahuinya. Yang disebut dengan “Di Dalam Yang Umum Terdapat Unsur Yang Tidak Umum” adalah meskipun kita sama – sama menekuni Sadhana Guru-yoga, namun kedalaman pemahaman dan perolehan dari prakteknya tidaklah sama. Pemahaman yang dangkal bisa disebut Umum, sedangkan jika pemahaman atau pencapaiannya mendalam maka berubah menjadi Tidak Umum. Dengan kata lain, kiat-kiat yang Anda insafi tidaklah sama, realisasi yang tidak sama dengan orang lain disebut Avenika (Tidak Umum). Jika realisasi yang diinsafi adalah sama dangkalnya dengan khalayak umum, maka itu termasuk Umum.

Secara sederhana, Sadhana Umum ini lebih umum , sedangkan Sadhana Tidak Umum ini lebih mendalam. Ada juga sebuah penjelasan yang lain, yaitu seperti yang bisa ditekuni oleh semuanya ini termasuk Sadhana Umum. Jika Mahaguru secara khusus mentransmisikannya kepada Anda dan hanya Anda seorang yang boleh menekuninya, maka ini menjadi Sadhana Avenika (Tidak Umum). Jadi Sadhana Umum dan Sadhana Tidak Umum masing-masing memiliki maknanya. Di dalam Yang Umum Terdapat Unsur Tidak Umum, Di Dalam Yang Tidak Umum Terdapat Unsur Yang Umum, ada juga Umum dan ada juga Tidak Umum.
Om Mani Padme Hum


在密法裏面有所謂的"共法"跟"不共法"。有很多人還不明白什麼是"共法",什麼是"不共法"。其實,"共法"在密法裹面是屬於大 家共同修持的法,就叫做"共法"。好像是做禮拜,做供養,做皈依,做金剛心,做上師相應法,這些都是屬於共法的。如果再分的話,好像本尊法就是有一點屬於 不共法,好像你修的是準提法,我修的是阿彌陀法,這已經是屬於不共法,其實,在當中也有"不共的共"。什麼叫做不共的共呢?是說有很多修的是不一樣的本尊 法,這是不共。但是,也有人修相同的本尊法,那就是共。好像我們談到喇呼拉尊者,他說紅教的三大不共法之一,這樣來講的話,喇呼拉尊者是屬於密教裏面最古老的紅教三大護法,加上"不共"兩個字,就是說這一尊很少在其它教派裏面出現,這是屬於紅教獨有的,所以叫做不共三大護法。

事 實上有所謂的"共法",有所謂的"不共法",又有所謂的"共中有不共","不共中有共",這個意思大家都應該體會出來。所謂共中有不共,就是說雖然我們同 樣的都是修上師相應法,但是你體會的深淺,就不一樣。淺的就可稱為共,深的也就變成不共。也就是你領會的口訣不一樣,你跟別人修的不同,就是不共。領會到 跟大家一樣的淺,這就是共的。

簡單的講,"共法"是比較普遍的,"不共法"是 比較深一點的。這又是另一種的講法,像一些大家都可以修的,這是共法。師尊特別傳授給你的,只有你一個可以修的,這個法便變成不共法。共法跟不共法之間, 是有它的意義存在,大家可以體會得到是這樣的。共中有不共,不共中有共,又有共,又有不共。這樣便明白了。
嗡,嗎呢唄咪,吽。

0 Comment:

Post a Comment