蓮生法王細說金母「神水法」(開示精要)
Kutipan Pengulasan Sadhana Air Dewata Jin-mu Oleh Dharmaraja Liansheng
Date : 22 oct 2011 (Seattle)
✽Homage To Dharmaraja Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati
Translated by Lianhua Jun Shi An
✽ 「神水法」跟密教的修行有很大的關係
Metode Air Dewata Sangat Erat Hubungannya Dengan Bhavana Tantra
「神水法」有它的道理存在,其實它跟我們密教的修行是有
我 們先從人到底是怎麼來的說起,人為什麼會變成人,就是有
Sadhana Air Dewata mengandung makna di dalamnya, sesungguhnya sadhana ini sangat erat hubungannya dengan bhavana Tantra kita. Oleh Karena itu hari ini Saya sekali lagi akan secara khusus menjelaskannya dengan lebih mendetail kepada Anda semua. Mungkin juga sudah banyak Saudara Saudari Sedharma yang mengetahui bagaimana cara menekuni Sadhana Air Dewata, namun masih belum jelas akan maknanya, maka Saya akan menjelaskannya sekali lagi kepada Anda semua. Anda semua bisa memperoleh abhiseka ini berarti sangat berjodoh.
Kita mulai pembahasan dari bagaimana munculnya manusia, bagaimana bisa menjadi manusia, yaitu berasal dari sel yang berbentuk bulat dan sel yang berbentuk panjang . Sel yang berbentuk panjang lari paling nomor satu adalah Anda. Oleh karena itu kita semua harus merayakannya, bahwa kita semua adalah NUMBER ONE, setiap orang adalah juara pertama. Sesungguhnya dalam kelahiran manusia, selain dua unsur ini, ada satu lagi yaitu yang disebut sebagai Buddhatta dalam Buddhisme. Sedangkan dalam Taoisme disebut “Prana Alami Yang Utama.” Namun karena dalam seketika kesadaran menjadi termabukkan, akhirnya ia lahir sebagai manusia. Disini ada satu yang berwujud dan satu yang tidak berwujud, satu ditambah satu masih menjadi satu, ketiganya menyatu menjadi satu.
✽先天變成後天
Dari Yang Alami Menjadi Tidak Alami
人出生的時候本來先天的神識非常清楚,佛性很清楚,「先
Pada mulanya kesadaran alami manusia sangat jelas, Buddhatta sangat jelas, “Prana Alami Yang Utama” sangat jelas, namun karena dalam seketika menjadi tak sadarkan diri, sehingga masuk ke dalam kandungan, begitu masuk tidak dapat lagi keluar, begitu lahir , kealamiahan menjadi tidak alami. Di dalam kandungan ibu Anda masih bernafas dengan bergantung pada kealamiahan, nafas itu sangat lembut dan menakjubkan, pada mulanya pintu di ubun-ubun masih belum tertutup, masih alami, begitu lubang tersebut tertutup, maka Anda tidak dapat keluar lagi, sejak saat itu menjadi tidak alami.
✽「破瓦法」把先天的門再重新打開
Phowa Adalah Membuka Kembali Pintu Kealamiahan
我們今天修行是這樣子,當你軀殼 變壞的時候,甚至你在生前你都需要你自己修練,把先天的
Demikianlah bhavana, saat tubuh Anda menjadi rusak, bahkan saat sebelum Anda lahir Anda masih membutuhkan pelatihan pribadi. Membuka kembali pintu kealamiahan, keluar dari sana, kembali lagi pada kealamiahan. Maka dalam Tantrayana ada Phowa, yaitu membuka bagian ini (Mahaguru menunjuk ubun-ubun), kelak keluar dari sini, dapat kembali lagi kepada wajah asali, tidak terikat oleh tubuh jasmani ini. Phowa dalam Tantrayana adalah mengajari Anda bagaimana membuka kealamiahan ini, yaitu pintu yang telah tertutup. Banyak orang yang sudah menyaksikan dengan jelas, bahwa di tengah ubun-ubun Mahaguru ada sebuah lubang, Phowa, dapat terlihat bagian otak, demikianlah asal masuknya, dan dengan demikian telah terbuka kembali atau telah Phowa, maka dari ketidak alamiahan dituntun kembali pada kealamiahan asali. Ini merupakan kiat Tantrayana.
✽還我本來面目
Kembali Pada Wajah Asali
在道家講起來,一樣要把後天變成先天,我們稱為「還」,
Demikian juga dalam Taoisme , bertujuan untuk mengubah yang tidak alami menjadi alami, kita menyebutnya “Kembali”, kembali lagi pada asali. Kita diibaratkan telah dipentung sampai pingsan, tiba-tiba menjadi manusia, kita harus menjalani bhavana dengan baik dan sangat sadar, kembali lagi pada wajah asali, ini disebut kembali. Bhavana ini sangat tinggi, sesungguhnya bhavana kita sangat tinggi, pada hakekatnya kita berasal dari tempat yang tinggi dan terpeleset jatuh, saat ini harus memulai lagi dari tempat yang terrendah memanjat menuju tempat paling tinggi, ini tidaklah mudah, kita sadhaka disebut “Kembali” ; Dalam Zen dikatakan “Kembali Pada Wajah Asali.”, dalam Tao disebut “Mengembalikan Pil”, dalam Tantrayana disebut : “Kembali pada asal muasal cahaya terang, cahaya anak kembali lagi melebur dengan cahaya IBU” , Anda berasal dari cahaya IBU, kemudian kembali lagi melebur pada cahaya IBU. . . .Demikianlah bhavana sangatlah tinggi, sungguh sangat tinggi, sangat sukar untuk dicapai, tidak salah ! Namun manusia berharap untuk bebas dari penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, terbebas dari dunia penuh derita ini, memperoleh kebahagiaan abadi, dengan demikian harus melakukan bhavana, bila tidak, maka Anda akan terus bertumimbal lahir. Jika Anda rela , “Saya rasa dunia ini lumayan juga, tidak apa-apa saya terus bertumimbal lahir di dunia.” Hal tersebut tidaklah pasti, karena Anda juga bisa terjerumus ke dalam tiga alam rendah, juga ada kemungkinan terlahir di alam surga, namun masih saja berada dalam kurungan enam alam, dalam samsara, Anda terus tidak mampu kembali pada Wajah Asali. Jika Anda sungguh menginginkan pembebasan dari dukha dan memperoleh kebahagiaan yang abadi, maka Anda harus melakukan bhavana, karena jika tidak maka Anda akan terus berada di alam manusia, atau tiga alam rendah, atau alam surga belaka.
✽為什麼 我們要修「神水法」?
Kenapa Kita Perlu Penekunan Sadhana Air Dewata ?
其實,什麼是「神水」?我們修行是靠身體去修行,叫「借
Sesungguhnya, apa itu Air Dewata ? Bhavana kita adalah menggunakan tubuh jasmani ini, ini disebut “Meminjam yang palsu untuk menginsafi kesejatian.”, di semesta ini ada satu yang sejati, yaitu Buddhatta, yaitu cahaya yang asali, yaitu Buddhatta murni nan sempurna yang asali, tidak pernah berkurang, hakekat sejati.
Membahas mengenai Air, tubuh jasmani kita terbentuk dari apa sajakah ? Dalam Buddhisme dikatakan bumi, air, api dan angin. Seisi alam semesta merupakan catur mahabhuta ini. Demikian juga dengan kita manusia. Namun kenapa kita perlu menekuni Sadhana Air Dewata ? Karena air merupakan satu faktor utama dalam kehidupan manusia, demikian juga para ilmuwan membuktikannya, dimana ada air, maka di sana ada kehidupan, tidak ada air, tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu penjelajahan pesawat ruang angkasa terutama akan mencari ada atau tidaknya air. Asal ada air, maka ada makhluk hidup, ada makhluk luar angkasa.
Sesungguhnya kita juga merupakan makhluk luar angkasa, karena jika ada orang di bulan sana melihat kita , maka baginya kita adalah makhluk luar angkasa ; Jika ada manusia di mars, maka mereka melihat kita adalah makhluk luar angkasa. Bumi kita terdapat air sehingga ada kehidupan ; Tubuh kita ada air, maka kita dapat hidup ; Jika air dalam tubuh manusia telah tiada, maka tidak akan bisa hidup. Ada berapa banyak air dalam tubuh kita, ilmuwan dan para dokter mengetahui bahwa sekian persen tubuh manusia adalah air. Apa itu air ? Hormon adalah air, dalam tubuh kita ada 200 lebih hormone. Kita menyebutnya dengan sekresi dalam karena begitu semua mendengar kata Hormon langsung mengiranya adalah Hormon hubungan antara pria dan wanita, sesungguhnya hormone adalah sekresi dalam , semuanya adalah termasuk unsur air.
✽密教靠水跟火來修行,道家也是一樣,其實密教跟道家是
Bhavana Tantra Memanfaatkan Air dan Api, Demikian Juga Dengan Bhavana Tao
Sesungguhnya Antara Tantrayana dan Tao Adalah Saling Berhubungan
現在談到我們身體為什麼有水,「天一生水,地二生火」,
Kenapa tubuh kita ada air ? “Langit melahirkan air, bumi melahirkan api” , dua unsur utama dalam bhavana, yang satu adalah air dan yang satu adalah api, bhavana dalam Tantrayana adalah memanfaatkan api dan air ; Demikian juga dengan bhavana dalam Taoisme. Sesungguhnya Tantrayana dan Taoisme adalah saling berhubungan. Langit melahirkan air, dalam novel persilatan menjadi Air Dewata Yang Tunggal, sehingga Sadhana ini disebut Sadhana Air Dewata. (神水法/ Shen Shui Fa)
✽在修行上,水跟火互相調勻
Dalam Bhavana, Air dan Api Saling Berpadu Harmoni
有一個溫哥華的同門經常跟我講,她每一次修行全身火燒:
Ada seorang Saudara Sedharma dari Vancouver yang sering mengatakan kepada Saya, tiap kali dia melakukan bhavana, sekujur tubuhnya terasa terbakar api, “Saya tidak bisa meneruskan lagi ! Karena tiap kali saya memulainya maka sekujur tubuh seakan terbakar.” Saya menjawab : “Apakah dalam tubuh Anda Cuma ada api ? Bagaimana mungkin Anda tidak mengetahui bahwa pada tubuh Anda ada air ? Bhavana adalah saling perpaduan antara air dan api, air dan api dikendalikan menjadi sangat harmoni, demikian barulah sebuah sadhana. Anda hanya mengolah api dan tidak tahu bagaimana mengolah air, sehingga sekujur tubuh Anda terbakar api.” Sesungguhnya juga bukan terbakar oleh api, sebab baju Anda tidak terbakar, hanya saja Anda merasakan terbakar oleh api, karena Anda tidak menekuni Sadhana Air Dewata, tidak mengetahui bahwa ada Air Dewata yang dapat melebur dengan api, air dan api harus saling seimbang, harus saling melebur.
Jangan Anda kira air dan api saling mematikan, secara sifat material memang air dan api saling mematikan, namun dalam hal bhavana air dan api harus saling melebur , dengan demikian barulah bisa ada kelangsungan hidup, menjaga suhu tubuh Anda, menstabilkan unsur air Anda, tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit, ini merupakan kontorol suhu panas dalam bhavana. Dalam memasak juga ada kontrol suhu, demikian juga dalam menanak nasi, bhavana juga sama terdapat kontrol suhu.
To Be Continued . . .
12 years ago
0 Comment:
Post a Comment