Loading...

Friday, March 30, 2012

蓮生法王細說金母「神水法」(開示精要) / Kutipan Pengulasan Sadhana Air Dewata Jin-mu Oleh Dharmaraja Liansheng

蓮生法王細說金母「神水法」(開示精要)
Kutipan Pengulasan Sadhana Air Dewata Jin-mu Oleh Dharmaraja Liansheng

Date : 22 oct 2011 (Seattle)

✽Homage To Dharmaraja Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra 
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Translated by Lianhua Jun Shi An

✽ 「神水法」跟密教的修行有很大的關係
Metode Air Dewata Sangat Erat Hubungannya Dengan Bhavana Tantra

「神水法」有它的道理存在,其實它跟我們密教的修行是有很大的關係。所以我今天就特別講「神水法」,細說,很仔細地再跟大家講一遍。也許有很多同門已經知道「神水法」怎麼修,但是道理並不是很清楚,所以再跟大家敘述一遍。大家能夠得到這個灌頂是很有緣的。  

我 們先從人到底是怎麼來的說起,人為什麼會變成人,就是有一個圓形的細胞跟一個長形的細胞,長形的細胞啊!跑啊!跑第一的,就是你們。所以大家應該慶賀,我 們都是NUMBER ONE的,每一個人都是跑第一的。其實人在出生的時候,除了這兩個因素以外,另外還有一個,在佛教就叫作「佛性」;在道家就叫「先天一炁」。由於神識,這 個「神」,這個「識」,一時迷糊,他就出生為人。這裡有東西的,一個是無形的,一個是有形的,一加一就等於二,一加一還是一啦!三個合起來,就等於一,人 就是一個物質的,一個是無形的,合起來,就成了現在的我們。
Sadhana Air Dewata mengandung makna di dalamnya, sesungguhnya sadhana ini sangat erat hubungannya dengan bhavana Tantra kita. Oleh Karena itu hari ini Saya sekali lagi akan secara khusus menjelaskannya dengan lebih mendetail kepada Anda semua. Mungkin juga sudah banyak Saudara Saudari Sedharma yang mengetahui bagaimana cara menekuni Sadhana Air Dewata, namun masih belum jelas akan maknanya, maka Saya akan menjelaskannya sekali lagi kepada Anda semua. Anda semua bisa memperoleh abhiseka ini berarti sangat berjodoh. 
Kita mulai pembahasan dari bagaimana munculnya manusia, bagaimana bisa menjadi manusia, yaitu berasal dari sel yang berbentuk bulat dan sel yang berbentuk panjang . Sel yang berbentuk panjang lari paling nomor satu adalah Anda. Oleh karena itu kita semua harus merayakannya, bahwa kita semua adalah NUMBER ONE, setiap orang adalah juara pertama. Sesungguhnya dalam kelahiran manusia, selain dua unsur ini, ada satu lagi yaitu yang disebut sebagai Buddhatta dalam Buddhisme. Sedangkan dalam Taoisme disebut “Prana Alami Yang Utama.” Namun karena dalam seketika kesadaran menjadi termabukkan, akhirnya ia lahir sebagai manusia. Disini ada satu yang berwujud dan satu yang tidak berwujud, satu ditambah satu masih menjadi satu, ketiganya menyatu menjadi satu. 


✽先天變成後天
Dari Yang Alami Menjadi Tidak Alami

人出生的時候本來先天的神識非常清楚,佛性很清楚,「先天一炁」很清楚, 就是一時被打昏了,迷糊了,就進到胎裡面來了,一進來就出不去了,一出生馬上先天就變成後天。你在母胎裡面還是靠著先天在呼吸,那一種呼吸是很微妙的,一 出生的時候頂上這個門還沒有關閉,還是先天的,等到這個洞關閉起來,你就出不去了,從此就變成後天。
Pada mulanya kesadaran alami manusia sangat jelas, Buddhatta sangat jelas, “Prana Alami Yang Utama” sangat jelas, namun karena dalam seketika menjadi tak sadarkan diri, sehingga masuk ke dalam kandungan, begitu masuk tidak dapat lagi keluar, begitu lahir , kealamiahan menjadi tidak alami. Di dalam kandungan ibu Anda masih bernafas dengan bergantung pada kealamiahan, nafas itu sangat lembut dan menakjubkan, pada mulanya pintu di ubun-ubun masih belum tertutup, masih alami, begitu lubang tersebut tertutup, maka Anda tidak dapat keluar lagi, sejak saat itu menjadi tidak alami. 


✽「破瓦法」把先天的門再重新打開
Phowa Adalah Membuka Kembali Pintu Kealamiahan
  
我們今天修行是這樣子,當你軀殼 變壞的時候,甚至你在生前你都需要你自己修練,把先天的門再重新打開,從這裡出去,再回到先天。所以在我們密教裡面有「破瓦法」(頗瓦法,頗哇 法,Phowa Practice),就是把你的這裡打開,(師尊指頂上)將來從這裡出去,可以再回到本來的面目,不受這個軀殼的約束。密教有「破瓦法」,教你打開這個先 天的,原來關閉起來的門。師尊本身有很多人看得很清楚,師尊頭中間有一個洞,是破瓦的,可以看到腦袋裡面,像很細的,這樣子的進去,這就是打開了,就是破瓦了,可以後天接到先天。這個是一個密教的要訣。
Demikianlah bhavana, saat tubuh Anda menjadi rusak, bahkan saat sebelum Anda lahir Anda masih membutuhkan pelatihan pribadi. Membuka kembali pintu kealamiahan, keluar dari sana, kembali lagi pada kealamiahan. Maka dalam Tantrayana ada Phowa, yaitu membuka bagian ini (Mahaguru menunjuk ubun-ubun), kelak keluar dari sini, dapat kembali lagi kepada wajah asali, tidak terikat oleh tubuh jasmani ini. Phowa dalam Tantrayana adalah mengajari Anda bagaimana membuka kealamiahan ini, yaitu pintu yang telah tertutup. Banyak orang yang sudah menyaksikan dengan jelas, bahwa di tengah ubun-ubun Mahaguru ada sebuah lubang, Phowa, dapat terlihat bagian otak, demikianlah asal masuknya, dan dengan demikian telah terbuka kembali atau telah Phowa, maka dari ketidak alamiahan dituntun kembali pada kealamiahan asali. Ini merupakan kiat Tantrayana. 


✽還我本來面目
Kembali Pada Wajah Asali
  
在道家講起來,一樣要把後天變成先天,我們稱為「還」,重新再回去。我們是被一棒打昏了,突然間就變成人,那麼我們必須要很清醒地、好好地修行,再回到原來的本來面目裡面,這個叫作「還」。這個修行是很高的。其 實我們修行真的是很高的,我們本來從高處跌下來,現在又要重新從很低的地方回到高處,這個不容易,我們修行人就叫「還」:「還」就是回去,禪宗講「還我本來面目」,道家講「還丹」,密教是講「回到光明的源頭,子光跟母光互相再會合」。你原來從母光那邊出來的,現在又回到母光裡面去。… 修行就是很高的,真的是非常高。很困難修,沒錯!但是只要是人,你要離苦得樂,離開這個痛苦的世界,得到永恆的快樂,就一定要修行, 否則你就一直在這人世間輪迴。你願意:「我覺得世間蠻不錯的,我就在世間裡面輪迴。」那不一定,你也可能到三惡道去,也可能到天道去,就是在六道裡面,在 輪迴之中,你始終回不去。你如果要永遠離苦得樂,就一定要修行,否則你就是在人世間,或者在三惡道,或者在天道
Demikian juga dalam Taoisme , bertujuan untuk mengubah yang tidak alami menjadi alami, kita menyebutnya “Kembali”, kembali lagi pada asali. Kita diibaratkan telah dipentung sampai pingsan, tiba-tiba menjadi manusia, kita harus menjalani bhavana dengan baik dan sangat sadar, kembali lagi pada wajah asali, ini disebut kembali. Bhavana ini sangat tinggi, sesungguhnya bhavana kita sangat tinggi, pada hakekatnya kita berasal dari tempat yang tinggi dan terpeleset jatuh, saat ini harus memulai lagi dari tempat yang terrendah memanjat menuju tempat paling tinggi, ini tidaklah mudah, kita sadhaka disebut “Kembali” ; Dalam Zen dikatakan “Kembali Pada Wajah Asali.”, dalam Tao disebut “Mengembalikan Pil”, dalam Tantrayana disebut : “Kembali pada asal muasal cahaya terang, cahaya anak kembali lagi melebur dengan cahaya IBU” , Anda berasal dari cahaya IBU, kemudian kembali lagi melebur pada cahaya IBU. . . .Demikianlah bhavana sangatlah tinggi, sungguh sangat tinggi, sangat sukar untuk dicapai, tidak salah ! Namun manusia berharap untuk bebas dari penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, terbebas dari dunia penuh derita ini, memperoleh kebahagiaan abadi, dengan demikian harus melakukan bhavana, bila tidak, maka Anda akan terus bertumimbal lahir. Jika Anda rela , “Saya rasa dunia ini lumayan juga, tidak apa-apa saya terus bertumimbal lahir di dunia.” Hal tersebut tidaklah pasti, karena Anda juga bisa terjerumus ke dalam tiga alam rendah, juga ada kemungkinan terlahir di alam surga, namun masih saja berada dalam kurungan enam alam, dalam samsara, Anda terus tidak mampu kembali pada Wajah Asali. Jika Anda sungguh menginginkan pembebasan dari dukha dan memperoleh kebahagiaan yang abadi, maka Anda harus melakukan bhavana, karena jika tidak maka Anda akan terus berada di alam manusia, atau tiga alam rendah, atau alam surga belaka. 

  
✽為什麼 我們要修「神水法」?
Kenapa Kita Perlu Penekunan Sadhana Air Dewata ? 

其實,什麼是「神水」?我們修行是靠身體去修行,叫「借假修真」,這世間有一個真的東西,這個真的東西就是「佛性」,這個真的東西就是原來的光,就是原來你自己本身的佛性清淨圓滿,從來沒有缺少,原來的本性。講 到「神水」,我們人的身體是什麼組成的?在佛教裡面講──地、水、火、風;整個大宇宙全部都是地、水、火、風;我們整個人也是地、水、火、風。那麼為什麼 我們要修「神水法」呢?因為水是我們生命的第一個要素。科學家也是這樣子證明的,哪裡有水,哪裡就有生物,沒有水,不會有生物。所以太空探險,太空梭到每 一個星球去,都主要是找有沒有水源,只要有水就一定有生物,就有外太空人。其實我們也是外太空人,因為如果有人在月球那邊他們看我們,我們就是外太空人; 在火星那邊如果有人,他看我們地球人就是外太空人。我們地球有水就有生物;我們人體有水,就能夠活;人體的水沒有了,就活不成了。我們身上有多少水,科學 家、醫學家都知道我們人體有百分之幾都是水,水是什麼,是內分泌,內分泌就是水,在我們身體裡面有兩百多種的內分泌。我們講內分泌,不要講荷爾蒙,因為大 家聽到荷爾蒙以為又是男女之間關係的荷爾蒙,其實荷爾蒙就是內分泌,內分泌就是荷爾蒙,都是水。
Sesungguhnya, apa itu Air Dewata ? Bhavana kita adalah menggunakan tubuh jasmani ini, ini disebut “Meminjam yang palsu untuk menginsafi kesejatian.”, di semesta ini ada satu yang sejati, yaitu Buddhatta, yaitu cahaya yang asali, yaitu Buddhatta murni nan sempurna yang asali, tidak pernah berkurang, hakekat sejati. 
Membahas mengenai Air, tubuh jasmani kita terbentuk dari apa sajakah ? Dalam Buddhisme dikatakan bumi, air, api dan angin. Seisi alam semesta merupakan catur mahabhuta ini. Demikian juga dengan kita manusia. Namun kenapa kita perlu menekuni Sadhana Air Dewata ? Karena air merupakan satu faktor utama dalam kehidupan manusia, demikian juga para ilmuwan membuktikannya, dimana ada air, maka di sana ada kehidupan, tidak ada air, tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu penjelajahan pesawat ruang angkasa terutama akan mencari ada atau tidaknya air. Asal ada air, maka ada makhluk hidup, ada makhluk luar angkasa. 
Sesungguhnya kita juga merupakan makhluk luar angkasa, karena jika ada orang di bulan sana melihat kita , maka baginya kita adalah makhluk luar angkasa ; Jika ada manusia di mars, maka mereka melihat kita adalah makhluk luar angkasa. Bumi kita terdapat air sehingga ada kehidupan ; Tubuh kita ada air, maka kita dapat hidup ; Jika air dalam tubuh manusia telah tiada, maka tidak akan bisa hidup. Ada berapa banyak air dalam tubuh kita, ilmuwan dan para dokter mengetahui bahwa sekian persen tubuh manusia adalah air. Apa itu air ? Hormon adalah air, dalam tubuh kita ada 200 lebih hormone. Kita menyebutnya dengan sekresi dalam karena begitu semua mendengar kata Hormon langsung mengiranya adalah Hormon hubungan antara pria dan wanita, sesungguhnya hormone adalah sekresi dalam , semuanya adalah termasuk unsur air.


✽密教靠水跟火來修行,道家也是一樣,其實密教跟道家是通的
Bhavana Tantra Memanfaatkan Air dan Api, Demikian Juga Dengan Bhavana Tao
Sesungguhnya Antara Tantrayana dan Tao Adalah Saling Berhubungan

現在談到我們身體為什麼有水,「天一生水,地二生火」,修行的兩大要素,一個是水,一個是火,密教就是靠水跟火來修行;道家也是一樣靠水跟火來修行,其實密教跟道家是通的,「天一生水」,這個在武俠小說變成「天一神水」,所以這個法就叫「神水法」。
Kenapa tubuh kita ada air ? “Langit melahirkan air, bumi melahirkan api” , dua unsur utama dalam bhavana, yang satu adalah air dan yang satu adalah api, bhavana dalam Tantrayana adalah memanfaatkan api dan air ; Demikian juga dengan bhavana dalam Taoisme. Sesungguhnya Tantrayana dan Taoisme adalah saling berhubungan. Langit melahirkan air, dalam novel persilatan menjadi Air Dewata Yang Tunggal, sehingga Sadhana ini disebut Sadhana Air Dewata. (神水法/ Shen Shui Fa)


✽在修行上,水跟火互相調勻
Dalam Bhavana, Air dan Api Saling Berpadu Harmoni

有一個溫哥華的同門經常跟我講,她每一次修行全身火燒:「我不能修了啦!我不敢修啊!因為我一修全身就火燒啊!」我說:「你身上只有火,你怎麼不知道你身上 有水呢?修行就是『水火既濟』,水跟火調得非常的勻,這個才是修法,你光會修火,不知道修水,所以你全身被火燒。」其實也沒有火燒,你衣服都沒有燒壞,是 你的覺受感覺到你身體被火燒,你沒有修「神水法」,不知道有神水可以跟火互相調勻,水火是要調勻的,是要剛剛好的,是要融合的。你不要以為說水跟火互相排 斥,沒有錯,在物性來講,水跟火是互相排斥的,但是在修行上,水跟火互相調勻才能夠生存,保持你那個溫度,你的水分剛好,過多也不行,過少也不行,這個就 是修行的火候。炒菜有火候,煮飯有火候,修行也一樣有火候。
Ada seorang Saudara Sedharma dari Vancouver yang sering mengatakan kepada Saya, tiap kali dia melakukan bhavana, sekujur tubuhnya terasa terbakar api, “Saya tidak bisa meneruskan lagi ! Karena tiap kali saya memulainya maka sekujur tubuh seakan terbakar.” Saya menjawab : “Apakah dalam tubuh Anda Cuma ada api ? Bagaimana mungkin Anda tidak mengetahui bahwa pada tubuh Anda ada air ? Bhavana adalah saling perpaduan antara air dan api, air dan api dikendalikan menjadi sangat harmoni, demikian barulah sebuah sadhana. Anda hanya mengolah api dan tidak tahu bagaimana mengolah air, sehingga sekujur tubuh Anda terbakar api.” Sesungguhnya juga bukan terbakar oleh api, sebab baju Anda tidak terbakar, hanya saja Anda merasakan terbakar oleh api, karena Anda tidak menekuni Sadhana Air Dewata, tidak mengetahui bahwa ada Air Dewata yang dapat melebur dengan api, air dan api harus saling seimbang, harus saling melebur. 
Jangan Anda kira air dan api saling mematikan, secara sifat material memang air dan api saling mematikan, namun dalam hal bhavana air dan api harus saling melebur , dengan demikian barulah bisa ada kelangsungan hidup, menjaga suhu tubuh Anda, menstabilkan unsur air Anda, tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit, ini merupakan kontorol suhu panas dalam bhavana. Dalam memasak juga ada kontrol suhu, demikian juga dalam menanak nasi, bhavana juga sama terdapat kontrol suhu. 

To Be Continued . . .

0 Comment:

Post a Comment