Loading...

Wednesday, April 18, 2012

口業 / Karma Ucapan

口業
Karma Ucapan
 
✽Homage To Dharmaraja Liansheng
✽Homage To Golden Light Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source :
蓮生活佛開示1998-01-02
Dharmadesana Mahaguru Liansheng 02 Jan 1998

Translated by Lianhua Jun Shian


Karma ucapan merupakan salah satu dari tri-karma, yaitu tubuh, ucapan dan pikiran. Karma ucapan adalah yang paling mudah dilanggar, karena ini termasuk ucapan dusta, lidah dua, ucapan jahat dan obrolan yang tidak berguna.


Dusta adalah kebohongan ; Lidah dua adalah menghasut pertikaian ; Sedangkan obrolan yang tidak berguna adalah ucapan-ucapan yang tidak ada hubungannya dengan kemajuan batin. Ucapan jahat adalah ucapan yang tidak enak didengar,ucapan kotor, ini semua termasuk ucapan jahat.

Sangat penting untuk diketahui bahwa diantara Tri-karma, yang paling mudah dilanggar adalah karma ucapan.

Kita sadhaka yang terpenting adalah mengucapkan ucapan yang murni dan berarti.

Barusan Bhiksu Lian-ying membahas mengenai pepatah : “Makin banyak bicara pasti ada kesalahannya.” , Vihara Vajragarbha Seattle kita ini ternama sebagai “Pusat Curhat”.

Terjadi hal kecil apapun, seluruh dunia akan mengetahuinya. Sekalipun Anda mengatakan kepadanya : “Rahasiakanlah ini.” , dia akan mengatakan kepada orang lainnya lagi : “Saya hanya memberitahumu saja, jadi jangan katakan kepada orang lain.”

Satu patah kata : “Jangan katakan pada orang lain.” Ini, pada akhirnya seluruh dunia juga akan tahu.

Jika sebuah hal sepele , disiarkan juga tidak apa-apa. Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak disebarkan, juga akan disebarkan keluar.

Waktu lalu di Villa Pelangi, saya mengatakan untuk sementara kita menghentikan kegiatan puja bakti bersama tiap hari pukul empat, tidak lagi membahasnya, karena telah dipindahkan di Vihara Vajragarbha.

Kabar ini tersiar sampai sekarang, saat ini yang seluruh dunia tahu adalah Mahaguru telah memutuskan untuk mengundurkan diri., semua mengatakan bahwa Mahaguru telah mengundurkan diri.

Sebenarnya masalah mengundurkan diri saya akan mengumumkannya, saya akan menulis sebuah pernyataan di koran, sejak hari itu kelak, hanya saja saya masih bertahap.

Sehingga saat ini surat dari berbagai penjuru dunia, tidak ada yang menulis「Sheng-yen Lu」lagi ,mereka menujukannya untuk「Acarya Lian Ning 」(Mahaguru tertawa). Kabar ini tersebar sampai saat ini, semua telah menulis dengan ditujukan kepada Acarya Lian Ning untuk kemudian diserahkan kepada Mahaguru, maksudnya saya sudah tidak lagi berada di Vihara Vajragarbha Seattle.

Saya hanya ingin mengubah cara pembabaran Dharma, memindahkannya di Vihara Vajragarbha, tapi kabar yang beredar adalah saya telah mengundurkan diri.

Jika memang demikian halnya, maka mau tidak mau mengundurkan diri.

Yang seluruh dunia tahu adalah saya telah mengundurkan diri, Hongkong juga tahu, Singapura juga tahu, Malaysia juga tahu, banyak tempat yang sudah mengetahuinya.

Puja bakti setiap hari pukul empat dihentikan untuk sementara, karena dipindahkan disini , juga tidak meneruskan pengulasan Keberhasilan Sinar Pelangi, namun malam hari Sabtu masih memimpin, perlahan saja. Kemudian Upacara Dharma kali ini juga memimpin secara langsung, melakukan transmisi, masih ada berbagai kegiatan.

Kelak secara bertahap melakukan perubahan sampai keseluruh kehidupan, secara bertahap jalan yang akan ditempuh juga akan berubah, akan berbeda.

Semuanya terlanjur menyebarkan kabar menyimpang, disinilah letak makna dari pepatah “Makin banyak ucapan, pasti aka nada kesalahannya.” Yang mendengar kabar tersebut akan segera menelepon, sampai akhirnya seluruh dunia tahu.

Setelah kalian mendengar ini, boleh mulai menyiarkan kembali : “Mahaguru telah kembali ke dunia persilatan.” , kalian boleh kembali menelepon. Bahwa mulai hari ini kembali lagi ke dunia persilatan, hanya melakukan pengunduran diri dan penyepian selama lima hari saja (Mahaguru tertawa) .

Tapi kalian semua tentu saja tahu bahwa saya hanya bergurau, kalian juga tidak akan menelepon kembali.

Karma ucapan sungguh sangat berat, banyak orang yang melanggar karma ucapan ! Ada beberapa Acarya yang datang kemari, saya meminta mereka untuk mengambil ramalan di Metode ramalan Ksitigarbha Bodhisattva, ada satu kitab yang disebut sebagai Metode Ramalan.

Saya minta mereka mengambilnya secara acak, mereka mengambilnya, dan semua mendapat kata-kata “Dusta”. Saya menyuruh beberapa Acarya untuk mengambilnya secara acak, ternyata kebanyakan yang dilanggar adalah “Dusta.”

Setelah mengambil kara “Dusta”, saya mengatakan : “Apakah Anda berdusta ?”

Dia menjawab : “Mana ada ?”

Saya mengatakan : “Anda pergilah kembali untuk merenung dengan baik.”

Ada beberapa yang kembali dan mengatakan kepada saya :
“Ya ada ! Yaitu dulu pada saat saya berbisnis, jika tidak berdusta, mana bisa memperoleh untung ?”

Dia mengatakan : “Ya, ya, saya ada berdusta, yaitu dulu saat saya berbisnis, tentu saja harus berdusta. Ada kalanya berbisnis tanpa dusta tidak akan bisa memperoleh keuntungan.”

Sesungguhnya saat ini dia juga sedang berdusta, bukan hanya dulu saat dia berbisnis.

Sungguh sukar untuk mengatakan kata-kata yang sejati.

Membicarakan hal-hal yang tidak penting termasuk pada obrolan sia-sia, seorang sadhaka hendaknya tidak melakukan hal ini.

Beberapa obrolan yang tidak bermanfaat, jangan dilontarkan.

Sehingga ucapan kita para sadhaka adalah ucapan yang bermanfaat dan ucapan yang murni.

Tiap kali Anda hendak berbicara, hendaknya berpikir : “Apakah ini kata-kata yang murni?”

Kemudian renungkanlah lagi : “Apakah ini ucapan yang bermakna ?”

Ucapan-ucapan yang tidak bermanfaat, lebih baik dibatasi, untuk menghindari pelanggaran karma ucapan.

Selain itu juga harus mengucapkan kata-kata yang sejati, yaitu yang benar.

Ada lagi, yaitu hendaknya berkata-kata yang lembut, yaitu ucapan yang mengandung maîtri-karuna, yang mengandung kasih luas. Jika mengingat ini semua, maka tidak akan salah berbicara.

Batasilah obrolan – obrolan sepele dan tidak bermanfaat, apalagi ucapan kepalsuan justru jangan diucapkan. Selain itu juga jangan melontarkan ucapan kasar dan kotor.

Demikianlah inti Dharmadesana hari ini.

Om Mani Padme Hum.

◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦

口業方面,這是身、口、意,三業之一。口業也是最容易犯的,因為它包括妄「妄語」、「兩舌」、「惡口」,跟「綺語」。

「妄語」就是講假的話;「兩舌」就是挑撥是非;「綺語」就是講一些不關係到修行的這些話,就是屬於綺語;「惡口」就是講不好聽的話、不清淨的話,都屬於是惡口。

三業當中,最容易犯的口業,是很重的。我們學佛的人,最重要的講清淨的話,跟有意義的話。

剛才蓮贏法師(音譯)講的「言多必失」,我們「西雅圖雷藏寺」是很有名的「情報中心」。

發生一點小事,全世界上都會知道。就算你叫他「不要講」,他也會跟別人講:「我只有告訴你,你不要講。」

這一句「不要講」,也就是最後全世界都會知道的。

假如是無關緊要的事情,傳播倒是不要緊。有些事情不能夠傳播的,也傳播出去。

上回我在「彩虹山莊」的時候,我很簡單的說,每一天四點的同修,稍微停一下,不再講了,改到雷藏寺來。

傳到現在,目前全世界上都知道師尊已經退隱。傳到現在,大家都說已經退隱。

其實退隱,我會聲明,我會寫聲明在報紙上登,從哪一天開始,我只是慢慢來。

所以現在世界各地來信,都沒有寫「Sheng-yen Lu」,就寫「蓮寧上師」(師尊笑)。傳到現在,已經有人寫信來,都寫「蓮寧上師收、轉師尊收」這樣子。意思我已經不在「西雅圖雷藏寺」了。

我只是想改變一個弘法的方式,到雷藏寺來,現在變成我已經退隱了。既然這樣子的話,就不得不退隱。

已經傳了全世界都知道我已經退隱了,香港也知道,新加坡也知道,馬來西亞也知道,很多地方,通通都知道了。

每一天四點先停止,就是轉到這邊來,也不要講「虹光大成就」,星期六晚上還是有主持,慢慢來。然後這一次的法會也有親臨、傳法,這都是有的。

以後慢慢會改變整個生活,自己本身未來的路途怎麼走,慢慢會改變,會變不一樣。

大家就是傳播,「言多必失」就是在這裡。聽到的話,馬上電話就開始打,全世界上通通都知道。

你們今天聽了以後,就可以開始再傳播-「師尊重出江湖」,你們可以再打。從今天開始,又重出江湖了,退隱了五天(師尊笑)!這樣子可以了吧!

但是你們當然知道我這個是講著玩的,你們也不會再打電話了。

口業真的是很重,很多人犯了口業。有幾個上師,到我這邊來,我叫他抽地藏菩薩占算的法,有一本書,叫做占算的法

我叫他們抽,他們抽出來,都是「妄語」。幾個上師,我叫他們抽一下。他們抽出來,犯的大部分都是妄語。

抽出「妄語」,我就說:「你有沒有妄語?」

他說:「我哪裡有?」

我說:「你回去好好想一想。」

有幾個回來跟我講,他說:「有啦!我以前做生意的時候,我不講妄語,怎麼會賺到錢?」

他說:「有、有、有,我以前做生意,一定要妄語的。做生意你有時候不妄語,賺不到錢。」

其實他現在也在妄語,並不是以前做生意的時候。
講真實的話很難,相當困難。

講一些不干重要的話,就是「綺語」,修行人不應該講。有些不重要的話、不相干的話,不可以講。

所以我們行者講話,就是講有意義的話,講清淨的話。

你每一要講話以前,你要想一想:「這個是清淨的話嗎?」
再想一想:「這是有意義的話嗎?」

其它不相干的話,最好少講,免得犯了口業。

另外還有要講「真實語」,真實語就是真的話。

還有一點,就是要講「柔軟語」,柔軟語就是講一些比較有慈悲心、有愛心的話。記得這樣子講的話,就不會有錯。

其它的話、閒言閒語少講,「假話」那更不用講。另外,粗口、講粗話、口出惡言,不要講。這是今天講的重點。

嗡嘛呢唄咪吽

0 Comment:

Post a Comment