Loading...

Wednesday, April 18, 2012

口業最容易犯 / Karma Ucapan Yang Paling Mudah Dilanggar



口業最容易犯
Karma Ucapan Yang Paling Mudah Dilanggar


✽Homage To Dharmaraja Liansheng
✽Homage To Golden Light Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source : Grand Master Lu's book 174

Pic :
Manjusri Wisdom Sword Visualisation by True Buddha Student Yamantaka999

Translated by Lianhua Jun Shian


Dalam bhavana Tantrayana yang terpenting adalah memurnikan Tri-karma, tubuh , ucapan dan pikiran, dengan menggunakan metode luar seperti , mulut menjapakan mantra, pikiran melakukan visualisasi dan tubuh membentuk mudra, ini merupakan sebuah tata cara sadhana Tantra yang paling efektif.



Dalam masalah berbuat karma buruk, ada yang berpendapat bahwa diantara tri-karma, yang paling parah dan hasil pelanggarannya yang paling berat adalah termasuk dalam karma pikiran, meskipun pendapat ini tidak keliru, namun menurut saya, karma ucapan juga merupakan hal yang paling mudah dilanggar, kenapa ? Karena manusia cenderung cepat di mulut, ucapannya carut marut, dalam kondisi tidak terlalu memahami sesuatu langsung terjadi berbagai kelengahan, semua ucapan yang dilontarkan sangat mudah menghasilkan karma buruk ucapan.  

Saya bisa mengatakan bahwa kita seharian penuh tanpa henti sedang melakukan karma ucapan, apalagi yang paling digemari oleh orang-orang adalah menggunjingkan orang lain, obrolan saat santai, obrolan melalui telepon genggam, obrolan melalui telepon, dan semua yang dibicarakan adalah kabar yang didengar belaka, sangat sedikit melontarkan pujian, sangat banyak melontarkan kritikan, mulut sungguh berbisa, membuat gosip, dusta, menjelek-jelekkan, mengadu domba, ucapan kasar dan obrolan yang tidak bermanfaat.  

Ada sebuah pepatah kuno :
“Ucapan manusia sangat menakutkan !” (Berbuat karma buruk ucapan namun tidak menyadarinya )  
Oleh karena itulah kenapa Tantrayana juga disebut sebagai Sekte Ucapan Sejati ? Sebab bhavana Tantra menggantikan perbuatan karma buruk ucapan dengan mantra (Yaitu ucapan sejati dari Tathagata), mentransformasikan karma ucapan menjadi Guhya ucapan, demikianlah dimulai bhavana dari kemurnian ucapan, maka disebut juga sebagai Sekte Ucapan Sejati.

Ada satu gatha :
Ucapan para Tathagata adalah murni,
Dalam satu kata mengandung samudera berbagai suara luhur,
Mengikuti suara yang memberikan suka cita bagi para insan,
Kata demi kata mengalirkan samudera kefasihan Para Buddha.  

Puisi :  
Karma ucapan para insan bagaikan hujan,  
Turun tanpa henti menjadi samudera karma, 
Jarang melakukan instropeksi, petaka muncul dari mulut,  
Hanya dengan penjapaan mantra  
Dan kesungguhan sadhana dalam Tantrayana  
Barulah bisa mengendalikan ucapan  
Pikiran juga dapat ditransformasikan, 
Satu persatu melebur dalam samudera cahaya terang.


☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦☃°˚◦


密教修行最重「清淨身口意三業」,以在外的形式,口持咒、意念觀想、身(手)結印,這就是密教修法的最佳儀軌形式了。  

在造業方面,有人以為三業中最厲害而且犯業結果最重的應該屬於「意業」,話雖不錯,但,我覺得口業也最容易犯,為什麼?因為人們口快、口雜,在一知半解之下,動輒得咎,隨口而出的語言,很容易「造口業」。  

我可以如此說,我們一天到晚在不斷的「造口業」,人們最喜歡的是,談論人們的是是非非,茶餘飯後的閒聊天,手機聊天,電話聊天,聊的全是聽來的謠言,讚揚的話少,譭謗的話多,口實在惡毒也,造謠、說謊、譭謗、兩舌、惡口、綺語 。  

古來一句名言:「人言可畏!」(造口業而不自知)  

所以密教為何又名「真言宗」,是以咒音(如來的真實語音)取代了「造口業」,使口業變成「口密」,如此,從口清淨開始修行起,故名「真言宗」。  

有一偈:「一切如來語清淨,一言具眾音聲海。隨諸眾生意樂音,一一流佛辯才海。」

詩:  

眾生口業如天雨  
綿綿不斷造成大業海  
禍從口出少省察  
唯有持咒  
密教確確實實的修法  
口能遮止
意也能轉  
一一融入光明
 —

0 Comment:

Post a Comment