Loading...

Wednesday, September 24, 2008

Pay Per Click Indonesia PPC

Sekarang mulai semarak bisnis pay per clik (PPC) versi Indonesia. Konsep kerja utamanya tentu memiliki persamaan dengan Google Adsense. Misalkan http://kliksaya.com , perusahaan ini menampung iklan pelanggannya (pemasang iklan), kemudian KlikSaya.com bekerjasama dengan ratusan bahkan ribuan pemilik website lainnya (publisher/penerbit) untuk menayangkan iklan pelanggan tadi KlikSaya.com tadi.

Misalnya si Budi ingin pasang iklan di KlikSaya.com, maka budi menyetor deposit ke KlikSaya.com. Budi disebut pemasang iklan, ia mengeluarkan uang sebagai biaya promosi. Kliksaya.com bekerjasama dengan penerbit yang mempunyai website misalkan si Pulan, kemudian iklan si Budi akan tampil di web Pulan. Ketik aiklan Budi diklik oleh pengunjuk maka Budi bayar ke KlikSaya.com sebagai biaya iklan (misal Rp 300 per click) dan KlikSaya.com bayar ke Pulan yang telah mambantu menayangkan iklan tersebut (misal Rp 150). KlikSaya.com dapat duit, si Pulan dapat duit, dan si Budi semoga apa yang dia iklankan laku dan dapat duit dari situ. Itulah bisnis Pay Per Clik. Tentu tidak sembarang klik yang dibayar, ada ketentuan yang ketat, sangsi akan pelanggaran, juga software pendeteksi valid clik yang canggih sehingga pemasang iklan tidak dirugikan.

Saya rasa bisnis seperti ini akan cepat berkembang ke depan, mengingat tumbuh pesatnya pengakses internet Indonesia yang mulai menjadikan internet sebagai media komunikasi bisnis. Peminat yang ingin memasang iklan akan bertambah banyak, demikian pula dengan penerbit mendapat peluang menghasilkan uang extra dari website/blog mereka. Semoga bisnis online Indonesia semakin jaya

0 Comment:

Post a Comment