Loading...

Wednesday, June 20, 2012

Memahami Tiap Kalimat Sataksara (01)



┊  ┊  ┊  ┊
┊  ┊  ┊  ★ Memahami Tiap Kalimat Sataksara (01)
┊  ┊  ☆ Om Guru Liansheng Siddhi Hum
┊  ★ Om Biezha Saduo A Hum Pei
☆ Namo Suvarnaprabha Sutra - Om Sarasvatyai Svaha

by Lianhua Jun Shian

Note :
Akan saya sertakan lafal sansekerta dan lafal mandarinnya. Mengingat banyak sekali yang tidak bisa membaca pinyin, maka untuk lafal mandarin saya tidak menggunakan pinyin, yang digunakan adalah ejaan lafal baca biasa.

01. Om Vajra-sattva Samaya Manupalaya
Mandarin : "Om . Pie ca sa tuo . Sa ma ya. Ma nu pa la ya " 


- IKRAR -

✽ OM ✽
Sebagian besar mantra dibuka dengan aksara yang mengandung kekuatan semesta nan agung ini, satu aksara ini memiliki makna eksoterik (tersirat) dan esoterik (rahasya), hanya dari sisi eksoterik saja aksara ini sudah memiliki makna tak terhingga. Salah satu dari makna eksoterik "AUM" ini adalah tubuh-ucapan-pikiran awam yang ditransformasi pada kemurnian, sehingga aksara ini juga bermakna segalanya mangala dan paripurna.

✽ Vajrasattva / Pie ca sa tuo ✽
Vajra bermakna berlian (materi paling kokoh di bumi) dan halilintar (kekuatan besar di angkasa), makna yang hendak disampaikan adalah "Tak terhancurkan". Sattva bermakna "makhluk". Sehingga Vajra-sattva merupakan Buddhata yang tak terhancurkan, Yang Tak Terhancurkan berarti juga yang tak terlahirkan. Dengan adanya unsur "sattva" ini menunjukkan suatu tali penyambung , sebagai jalan, dimana kita akan mampu merealisasi Yang Tak Lahir dan Tak Mati. Yaitu manifestasi Nya sebagai Makhluk Agung Vajra, Vajrasattva, yang esensi sejatinya tiada berbeda dengan sadhaka sendiri.

✽ Samaya / Sa ma ya ✽
Pada dasarnya ada tiga makna :
1. Waktu, menunjuk pada suatu saat.
2. Akumulasi.
3. Ikrar mula.
Di sini bermakna ikrar Tantra antara tubuh-ucapan-pikiran sadhaka dengan Yidam.

✽ Manupalaya / Ma nu pa la ya ✽
Dibagi menjadi Man-anu-palaya
Man : "Terhadap-ku"
Anu : "Mohon Engkau..."
Palaya : "Melindungi, memelihara."
Makna Manupalaya :
"Mohon Lindungilah Aku"

☆ Makna Keseluruhan ☆
OM, Wahai Makhluk Agung Manifestasi Yang Tak Lahir dan Tak Mati, atas kebenaran ikrar mula antara (atau ikatan suci) sadhaka dan Vajrasattva, lindungilah, tumbuhkanlah aku (dalam jalan Bodhi).

- To be continued -

0 Comment:

Post a Comment