Loading...

Tuesday, July 19, 2011

金剛亥母拙火定 - Samadhi Kundalini dari Vajravarahi

Translated by Lianhua Jun Shi An

2011, 7月16日 金剛亥母護摩法會及六祖壇經 - 台灣雷藏寺

<蓮生佛王2009年1月6日在台灣台北法明堂開示精要​>
  (釋蓮店法師(原于秋月師姐)請示師尊開示有關「金​剛亥母拙火定」)
  敬禮了鳴和尚、薩迦證空上師、十六世大寶法王噶瑪巴​、吐登達爾吉上師,敬禮壇城三寶!
  法明同修會住持,各位上師、法師、講師、助教、堂主​,各位同門,大家午安!(眾鼓掌)
  關於「金剛亥母拙火定」,剛剛於(大鵬堂)在做「寶​瓶氣」跟「拙火」灌頂的時候,曾經跟大家提到,在臍下四​指的地方,有一個三角形。就三角形來講,代表火;圓形呢​?圓形在五行裡代表金;木呢?長方形就是屬木,長方形就​是木;四方型就是土;水呢?就是多方型,水就是比較多方​的形。火,就是三角形。所以,我們觀想一個三角形在我們​臍下四指的地方,那麼,中央有一個「阿」字的一邊,「阿​」字的一邊,就是這樣寫「ㄎ」,有點像升起來的火,就是​「阿」字的一邊。
  在三角形的中央,這一點火,只要你感覺到,這個火,​用觀想的,用觀形方面來講,紅的、熱的、通明的,直接由​這個火,變化成「金剛亥母」,直接由這一點的火,變成「​金剛亥母」,漸漸大起來,跟你的身子一樣大,你自己就變​成「金剛亥母」;這時候,你唸「金剛亥母」的咒語,堅固​自己,入三昧地,就是「金剛亥母拙火定」。這個原因,不​是在於我們要請「金剛亥母」,就是「多傑帕姆」。「金剛​亥母」的形象,就是拿著「卡倉卡」,有三個骷髏的,代表​「貪」、「瞋」、「癡」,用一個人的骨頭去串起來。
  你要觀想「金剛亥母」的形象,有一腳站立,一腳提起​,是紅色的,像火一樣。你將這拙火,觀想成很細的「金剛​亥母」以後,由「金剛亥母」本身,以你的完全呼吸,使「​金剛亥母」增大,完全呼吸十下以後,到生殖輪;由生殖輪​呼吸十下以後,就到臍輪;由臍輪十個呼吸以後,到心輪;​十個呼吸以後,到喉輪;十個呼吸以後,到眉心輪;然後「​觸」,由一種接「觸」,以這個火來「觸」眉心的白菩提,​就是菩提心月液,讓它滴下,然後退回來,退到心輪。以這​個菩提心月液和拙火,在心輪裡面結合,把心輪打開,這是​主要「金剛亥母拙火定」。先用觀形的方法,再將自己觀成​「金剛亥母」,這個就是「金剛亥母拙火定」。基本上是這​個樣子,就是將火觀成「多傑帕姆」。水呢?就是菩提心月​液,也是「阿」字的一半,這個是一個「撼」字,「撼」字​下來,跟著「阿」字的一半互相結合,在心輪上是一個「阿​」。
  能夠將五輪打開,像是說將臍輪先打開,將生殖輪打開​,將心輪打開,將眉心輪打開,將喉輪打開。這五個地方就​有五個佛在裡面,五個佛也可以說五個金剛,五佛就化為五​個金剛。這是另一種的修法。首先,你要先祈求「金剛亥母​」來幫助你,有一個偈,在書上有寫,請「金剛亥母」來幫​助你的拙火,能夠趕快升起來,就是以「金剛亥母」做引子​,使你的拙火很快地升起來,這個方法就是「金剛亥母拙火​定」。(眾鼓掌)
  那麼,觀想很重要,呼吸很重要,因為呼吸本身就是風​,水就在這裡,火就在這裡,全身就是土,地水火風都運用​到了。在我們人的身體裡面,本來就有地水火風,「風息」​就是讓火能夠增長的方法。這都是一種觀形,主要的是你要​觀想中脈、左脈、右脈,這三個脈都要觀想。
謝謝大家!(眾鼓掌)

⊱❁...⊱❁...⊱❁...⊱❁...⊱❁...⊱​❁...⊱❁...⊱❁...⊱❁...⊱❁...⊱❁


Pada tanggal 16 Juli 2011, Mahaguru akan memimpin Api Homa Vajravarahi di Vihara vajragarbha Taiwan 

<Intisari Dharmadesana Buddharaja Liansheng , 6 Jan 2009>

  (Bhiksuni Shi Lian-dian (釋蓮店法師) (sebelum upasampada bernama : Saudari Sedharma Lianhua Qiuyue(秋月師姐) memohon petunjuk Mahaguru mengenai Samadhi Pembangkitan Kundalini Vajravarahi )

  Sembah sujud kepada Bhiksu Liaoming, Acarya Sakyazhengkong (Dezhung Rinpoche) , Karmapa ke 16, Acarya Tubten Dhargye, dan sembah sujud pada Triratna mandala. 

  Pimpinan Cetya Faming, para Acarya, bhiksu-bhiksuni, Pandita Dharmadhuta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara dan para umat sekalian, selamat siang semuanya . (suara tepuk tangan hadirin) 

  Mengenai Samadhi Pembangkitan Kundalini Vajravarahi (金剛亥母拙火定 - Jīngāng hài mǔ zhuō huǒ dìng) , barusan kita mengadakan abhiseka Pernafasan Botol dan Kundalini di Cetya Tapeng (大鵬堂), ini sudah dibabarkan kepada semuanya pada saat melakukan abhiseka Pernafasan Botol dan Kundalini , bahwa empat jari di bawah pusar ada sebuah segitiga. Segitiga sendiri melambangkan api. Bagaimana dengan bentuk lingkaran ? Bentuk lingkaran di dalam kelima unsur melambangkan emas (logam) . Bagaimana dengan unsur kayu ? persegi panjang merupakan unsur kayu ; Bujur sangkar adalah tanah ; Bagaimana dengan air ? yaitu segi banyak. Api adalah segitiga, jadi kita visualisasikan satu segitiga di empat jari di bawah pusar, kemudian ditengahnya terdapat separuh dari bijaksara "A", setengah bagian dari bijaksara "A" dituliskan demikian 「ㄎ」,bentuknya mirip dengan api yang bangkit, inilah sebagian dari aksara "A".

  Jadi setitik api di tengah segitiga, asalkan Anda merasakannya, maka dengan menggunakan visualisasi, api tersebut merah, hangat , transparan, jadi api ini langsung bertransformasi menjadi Vajravarahi, makin lama makin membesar, sampai seukuran dengan tubuh Anda, maka Anda berubah menjadi Vajravarahi ; Pada saat itu Anda menjapa mantra Vajravarahi untuk mengokohkan diri sendiri, memasuki samadhi, yaitu Samadhi Kundalini Vajravarahi. 

Kita harus mengundang Vajravarahi, yaitu Dorje Phagmo. Wujud Vajravarahi adalah membawa khatvanga ada tiga kepala yang melambangkan lobha-dosa dan moha, yaitu kepala yang ditusuk . Anda harus memvisualisasikan wujud Vajravarahi, dimana satu kaki berdiri, satu kaki diangkat, berwarna merah, seperti api. Jadi Anda memvisualisasikan api kundalini berubah menjadi Vajravarahi, kemudian setelah Anda memvisualisasikannya dengan detail, maka dari Vajravarahi sendiri dengan pernafasan Anda, membuat Vajravarahi semakin besar, setelah bernafas sepuluh kali, sampai di svadhisthana cakra ; Kemudian setelah bernafas sepuluh kali , dari svadhisthana cakra sampai ke manipura-cakra ; Kemudian setelah di manipura cakra bernafas sepuluh kali , sampai ke anahata-cakra ; Setelah melakukan sepuluh kali nafas, sampai ke visuddhi-cakra ; Setelah sepuluh kali nafas, sampai ke ajna-cakra ; kemudian terjadi "sentuhan", karena api tersebut "menyentuh" bodhi putih di ajna-cakra, yaitu cairan bodhicitta candra , membuatnya menetes kebawah, kemudian dikembalikan, dikembalikan lagi sampai ke anahata-cakra. Sehingga cairan Bodhicitta candra ini melebur dengan api kundalini, maka anahata-cakra akan terbuka, inilah keutamaan dari Samadhi Kundalini Vajravarahi.

Terlebih dahulu menggunakan cara visualisasi, kemudian mentransformasikan diri sendiri menjadi Vajravarahi, inilah Samadhi Kundalini Vajravarahi. Pada dasarnya demikian, memvisualisasikan api menjadi Dorje Phagmo.

Bagaimana dengan air ? itulah cairan Bodhicitta candra, juga merupakan separuh dari bijaksara "A", ini adalah bijaksara "HAN" , bijaksara "HAN" turun melebur bersama dengan separuh bijaksara "A", sehingga di anahata-cakra mereka menyatu menjadi bijaksara "A".

Ini bisa membuka lima cakra, misalnya hendak membuka manipura-cakra , ingin membuka svadhisthana -cakra, ingin membuka anahata-cakra, ingin membuka ajna-cakra atau membuka visuddhi-cakra. Dalam kelima cakra tersebut ada Pancadhyani Buddha, Pancadhyani Buddha ini juga merupakan Panca-vajra, jadi Pancadhyani-Buddha bertransformasi menjadi Panca-vajra. Ini merupakan sadhana yang lain lagi. 

Terlebih dahulu Anda harus berdoa kepada Vajravarahi memohon Beliau membantu Anda, ada sebuah gatha, ada tertulis di buku, yaitu memohon Vajravarahi membantu supaya Api Kundalini Anda segera bangkit, demikianlah pengenalan mengenai Vajravarahi , membuat kundalini Anda segera bangkit, metode ini disebut Samadhi Kundalini Vajravarahi. (suara tepuk tangan hadirin) 

  Jadi, visualisasi sangat penting, pernafasan juga penting, karena pernafasan itu sendiri merupakan angin, dimana air dan api sudah ada di dalam, sedangkan sekujur tubuh Anda adalah tanah, jadi tanah-air-api dan angin semua dimanfaatkan. Dalam tubuh manusia pada dasarnya sudah ada tanah-air-api dan angin, pernafasan angin adalah metode untuk menumbuhkan api. Ini semua merupakan sebuah visualisasi wujud, yang utama adalah Anda harus memvisualisasikan nadi susumna, ida dan pinggala, ketiga nadi ini harus divisualisasikan. Terima kasih semuanya !

(suara tepuk tangan hadirin)

Perhatian : Dharmadesana ini merupakan abhiseka tantra dalam, membutuhkan abhiseka dalam penekunannya. Segala pertanyaan mengenai sadhana ini harus ditanyakan dan dibimbing oleh seorang Vajracarya barulah sesuai dengan ketentuan Dharma.

Vihara Di Indonesia Yang Terdapat Acarya Pembimbin...g :

★ Vajra Acarya Lian Run
Yayasan Buddha Vajra Indonesia
Alamat : Jl. Tubagus Angke blok A 7 C no. 4, Taman Duta Mas -
Jakarta Barat
Telepon : 021 - 564 97 71

★ Vajra Acarya Lian Zu
Vihara Satya Buddha Purnama
Alamat : Jl. Lombok no. 1, Medan - Sumatera Utara
Telepon : 061 - 457 47 39 / 457 02 24

★ Vajra Acarya Lian Yuan
Vihara Vajra Bumi Sriwijaya
Alamat : Jl. Masjid Lama no. 46 (Jl. Sayangan, Lrg. R. Kuningan no. 622),
Palembang - Sumatera Selatan
Telepon : 0711 - 350 798 / 817 213

★ Vajra Acarya Lian Fei
Vihara Vajra Bumi Nusantara
Alamat : Jl. Vila Permata, Kelurahan Desa Binong,
Kecamatan Curug - Jawa Barat
(di pusat areal perumahan Lippo Karawaci Tangerang)
Telepon : 021 - 591 90 80 / 591 96 80 / 591 96 79

★ Vajra Acarya Lian Hong
Vihara Vajra Bumi Arama
Alamat : Jl. Manyar Jaya III / 18 - 20, Surabaya - Jawa Timur
Telepon : 031 - 5676 933 / 595 27 15 / 592 07 15 / 371 94 62

10 Comment:

Hey! I just wish to give an enormous thumbs up for the great info you’ve gotten here on this post.
I shall be coming back to your weblog for more soon.

Here is my website - plastic surgeon lancaster pa

Hi there! I just wish to give a huge thumbs up for the good
info you’ve right here on this post. I shall be coming again
to your blog for extra soon.

My blog seohyun yonghwa really dating

Hi there! I simply would like to give an enormous thumbs up for the great info you have got right here on this post.
I will probably be coming again to your weblog for extra soon.


Check out my webpage - eminem run rabbit run lyrics meaning

Howdy! I just wish to give a huge thumbs up for the great data you have got here on this post.
I might be coming again to your blog for extra soon.


Here is my website; lighted animated outdoor christmas decorations

Hello! I simply want to give an enormous thumbs up for the great data you have here on this
post. I will be coming again to your weblog for more soon.


Also visit my web site; lawn mowers self propelled electric start

Hey! I simply want to give a huge thumbs up for the great data
you’ve got right here on this post. I might be coming again to your
weblog for more soon.

my homepage: yahoo contact us

Hiya! I simply wish to give an enormous thumbs up for the good information you may have right here
on this post. I will likely be coming back to
your blog for extra soon.

My web blog cosmetic surgery in las vegas nevada

Hey! I simply would like to give a huge thumbs up for the nice information you will have here on this
post. I will probably be coming again to your weblog for extra soon.



My homepage :: seoul national university of education korean language

Hiya! I simply would like to give a huge thumbs up for
the good information you’ve gotten here on this post.
I shall be coming again to your weblog for extra soon.


Here is my site ... semi formal dresses for big girls

Hey! I simply wish to give an enormous thumbs up for the nice data
you’ve got here on this post. I can be coming again to your blog for extra soon.


Here is my website ... manic panic semi permanent hair color instructions

Post a Comment