Loading...

Friday, January 13, 2012

龍王寶瓶法及放生的意義 / Makna Sadhana Ratnakalasa Raja Naga dan Pelepasan Satwa

Dharmacarya Chun-lian from Taiwan
in Dragon King Vase Ceremony

龍王寶瓶法及放生的意義
Makna Sadhana Ratnakalasa Raja Naga dan Pelepasan Satwa

Source :
2009年6月18日至20日,釋蓮慈金剛上師法語開示精要
Kutipan Dharmadesana Vajra Acarya Shi Lian-ci 18-20 Juni 2009

★ Homage To Dharmaraja Liansheng
★ Homage To Sarasvati Bhagavati

Translated by Lianhua Jun Shi An

“Banyak orang mengira bahwa Sadhana Ratnakalasa Raja Naga hanyalah merupakan Sadhana Keduniawian untuk memohon harta kekayaan, sesungguhnya poin utama dalam penekunan Sadhana Ratnakalasa Raja Naga adalah kekuatan ikrar Raja Naga untuk mendukung dan melindungi Buddha Dharma sepanjang masa, harapan terbesar dari Raja Naga adalah mencapai Kebuddhaan. Jika para umat yang budiman dapat menggunakan kekuatan sadhana Tantra untuk mendukung supaya Raja Naga segera mencapai Kebuddhaan, maka diri sendiri pasti juga bisa mencapai Kebuddhaan. Oleh karena itu, Sadhana Ratnakalasa Raja Naga juga merupakan Maha-sadhana Kebuddhaan. Raja Naga tidak hanya mampu menganugerahkan berkah duniawi, Beliau juga mampu menganugerahkan harta Dharma. Harta Dharma adalah bekal kita yang melampaui duniawi, sehingga sudah sepatutnyalah kita menjalankan Sadhana ini dengan tekun.”

“Pelepasan satwa tidak hanya melepaskan makhluk hidup, namun juga melepaskan diri kita sendiri. Kita berwelas asih melakukan pertobatan demi makhluk hidup yang kita lepaskan, memohonkan catur sarana, dengan demikian pada saat yang sama kita juga memperoleh kelahiran baru, menjadi orang yang telah diperbaharui.”

◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦☆☆☆◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦

「很多人以為修龍王寶瓶法只是求世間財的入世法,其實,修龍王寶瓶法的要點,是龍王生生世世護持佛法的大願力,龍王最大的願望是成佛。眾善信能夠藉修密法 的力量,幫助龍王成佛,自己本身一定也能夠成佛。所以,這是成佛的大法,同時龍王不但可以賜福世間財,還可以賜福法財。法財就是上天的資糧,所以我們應該 精進地去修。」

「放生不僅是為生物放生,也是為我們自己放生。我們慈悲為放生之生物做懺悔、四皈依,同時我們也獲得了重生,成為一個新人。」

OM AMOGHA PUJA MANI PADMA VAJRE TATHAGATA VILOKITE SAMANTA PRASARA HUM
 

0 Comment:

Post a Comment