龙年快到了!!!
我们一起读师尊关于龙王的开示吧~
Tahun Naga hampir tiba !
Mari bersama menyimak Dharmadesana Mahaguru mengenai Raja Naga ☺
蓮生法王2011年2月21日印尼圓潤堂法語開示精要傳
★Homage To Dharmaraja Liansheng
★Homage To Sarasvati Bhagavati
Translated by Lianhua Jun Shi An
Pic : Mahaguru memberikan abhiseka peresmian rupang Raja Naga di Cetya Yuan-run
Terlebih dahulu kita bersembah sujud pada Para Guru Silsilah, Bhiksu Liao-ming, Acarya Sakya Zeng-kong (Dezhung Rinpoche), Karmapa 16 dan Acarya Tubten Dhargye. Sembah sujud pada Tri-ratna mandala Cetya Yuan-run, sembah sujud pada Raja Naga, sembah sujud pada Ucchusma Vajra.
Guru-dara, para Acarya, Dharmacarya, Bhiksu, Pandita Dharmadhuta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para umat dan tamu agung kita perwakilan ketua Walubi, “Selamat siang” (Mahaguru mengucapkan dalam Bahasa Indonesia),juga satu tamu agung yaitu Bpk. Xie Hua-an.Ini adalah pertama kalinya,the first time come to the Cetya Yuan-run. Acarya Lian-run sendiri adalah seorang pelukis, begitu masuk ke dalam langsung terlihat karya lukisnya, lukisannya sama indahnya dengan orangnya. Saya ingat dia sangat serius dalam melukis, sangat sungguh-sungguh dalam mempelajari, juga sungguh-sungguh dalam menampilkannya, juga pernah memperoleh penghargaan, seorang pelukis yang pernah memperoleh penghargaan. Selain itu, saya masih ingat satu ceritanya, suatu ketika saat dia hendak melukis, ia minta suaminya membeli udang di pasar, dia melukis udang, mengamati udang sambil melukisnya, demikianlah kesungguhannya, dia mengamati udang berenang, goresan demi goresan , akhirnya menghasilkan lukisan udang yang sangat hidup bagaikan aslinya. (Suara tepuk tangan hadirin) . Suaminya mengatakan : “Untung saja Anda tidak melukis macan.” Tapi, saya yakin di dalam hati suaminya sejak awal sudah ada macan. (Mahaguru tertawa, hadirin juga tertawa) Coba lihat rambut Acarya Lian-run, tidakkah mirip dengan singa ? Dia sangat menghormati Raja Naga yang demikian keras, dan juga menghormati Ucchusma Vajra yang memiliki kekuatan dan wibawa tak tertandingi, maka kita bisa mengetahui sifatnya.
Ada sebuah lelucon yang lebih sederhana, ada sepasang suami istri yang telah menikah selama 25 tahun, mereka menemukan hotel untuk merayakan 25 tahun pernikahannya. Namun ternyata hotel itu sudah penuh, hanya tersisa satu kamar untuk bulan madu, suami istri itu mengatakan kepada manajer hotel : “Kita telah menikah selama 25 tahun, tidak perlu lagi pakai kamar untuk bulan madu.”
Manajernya mengatakan : “Tidak masalah, kalian bisa berada di kamar bulan madu. Disini kami juga ada kamar bekas pemain kejuaraan sepak bola, tapi menginap di kamar tersebut , Anda juga tidak mungkin bermain sepak bola.”
Saya menceritakan lelucon singkat ini adalah mengharap supaya kita semua tiap sadhaka tidak perlu menjadi demikian kaku, tidak perlu terlampau keras di dalam suatu batasan. Kita mempunyai Ucchusma Vajra yang demikian gagah, namun kita juga mempunyai Bodhisattva Avalokitesvara yang welas asih, dengan kata lain saat Anda harus menjadi berwibawa maka Anda adalah Ucchusma, saat Anda harus berwelas asih, maka hendaknya Anda menjadi Bodhisattva Avalokitesvara. (Hadirin bertepuk tangan)
Barusan saya menuliskan : “Menyempurnakan dua tahapan, menyegarkan para insan.”
Makna dari “Menyempurnakan dua tahapan.” Yaitu “Tahap pembangkitan” dan “Tahap kesempurnaan.” , dengan demikian barulah bisa menyelamatkan banyak insan. Jadi, Acarya Lian-run adalah “Sisi luar menampilkan wujud Vajra, di dalam terkandung hati Bodhisattva.” Kepada beberapa Acarya generasi baru ini, Anda boleh memberikan pengarahan, namun Anda juga harus masih mengasihani mereka, kemudian Anda juga bisa membantu mereka. (Hadirin bertepuk tangan)
Ada lagi sebuah lelucon, akan saya ceritakan. Setelah menikah baru menyadari bahwa pernikahan adalah sebuah buntalan yang berat, harus ditopang bersama. Istrinya berkata : “Buntalan pernikahan sangat berat, suami harus bersama saya menopang buntalan pernikahan ini.” ; Sang suami menjawab : “kalau begitu begini saja, karena kita berdua susah payah menopangnya, lebih baik mencari beberapa orang lagi untuk ikut menopangnya.”
Dulu adalah Acarya Ding berdua dengan Acarya Lian-run yang menopang, saat ini kita sudah ada beberapa orang untuk menopangnya bersama. Acarya generasi awal hendaknya membantu Acarya generasi baru, kita bersama menopang Satyabuddhagama. (Hadirin bertepuk tangan)
Barusan Acarya Lian-run memohon Sadhana Raja Naga, Sadhana Ratnakalasa Raja Naga, saya akan mengulas poin utama dari Sadhana Raja Naga ini.
Yang pertama adalah memvisualisasikan Ratnakalasa menjadi Raja Naga, mulut ratnakalasa adalah mulut Raja Naga, bulatan diatas menjadi kepala Raja Naga, bagian bawah ratnakalasa bundar, visualisasikan menjadi tubuh Raja Naga, perut Raja Naga, bagian ini divisualisasikan menjadi ekor Raja Naga, visualisasikan ratnakalsa ini bertransformasi.
Usai bervisualisasi, juga perlu untuk mengisinya, dalam Tantra Tibet ada proses pengisian sebagai simbol jantung – liver –limpa – paru-paru dan ginjal, semua bahan tersebut diisi sebagai perlambang bagi anggota tubuh Raja Naga, tiap bahan tersebut ada maknanya, jadi kita harus mengisi ratnakalsa dengan beberapa bahan simbolik tersebut. Dulu sudah saya tuliskan dalam buku bagaimana kita melakukan pengisian untuk melambangkan jantung – liver –limpa – paru dan ginjal, serta
simbol bagian kepala Raja Naga, simbol bagian ekor dan simbol bagian tubuh Raja Naga.
Dulu Guru saya mengajarkan bahwa di dalam ratnakalasa kita hendaknya mengisi dengan suatu benda berharga yang kita sukai, karena ini disebut sebagai “Mampu merelakan benda yang sukar kita relakan.”
Jika kita mampu merelakan benda yang sangat sukar kita relakan, maka barulah kita akan memperoleh pemberkahan dari Raja Naga. Kebanyakan orang mendengar ini akan mengatakan : “Lebih baik aku tidak menekuninya!” , karena perlu mengisi ratnakalasa dengan benda yang paling disayangi, kemudian melarung ratnakalasa tersebut di laut, memohon Raja Naga menerimanya. Tentu saja Anda tidak mungkin terjun kedalam laut dan menyelam untuk mengambil kembali ratnakalasa tersebut, sehingga sama saja dengan tidak lagi memiliki benda tersebut.
Apa benda yang paling Anda sayangi ? seperti misalnya berlian ,apakah Anda mampu merelakan berlian yang paling Anda sayangi untuk dipersembahkan kepada Raja Naga ? Jadi benda apapun itu yang paling Anda sayangi diisikan ke dalam ratnakalasa, dengan demikian barulah merupakan mampu merelakan benda yang sukar direlakan.
Setelah merelakan benda yang paling sukar dilepaskan tersebut, Raja Naga melihat Anda sangat tulus, dengan demikian Beliau akan memberkahi Anda. Menurut Guru saya, jika demikian ketentuan dalam Sadhana Ratnakalasa Raja Naga, maka orang akan sangat sukar untuk menekuninya, sehingga Beliau mengajari kami cara yang paling sederhana, yaitu berlian bisa disimbolkan dengan kristal, “Mampu merelakan benda yang sukar dilepaskan” ini sangat penting.
Yang ke dua, menekuni sadhana Ratnakalasa Raja Naga harus berkorban dengan sepenuh hati, dengan kata lain : “Saya mempersembahkan Ratnakalasa ini kepada Raja Naga, dengan sikap hati paling tulus.” Ini sangat penting. Jika Anda mampu demikian, maka akan memperoleh kontak batin dari Raja Naga. Pengisian ratnakalasa Raja Naga ini menyimbolkan jantung – liver – limpa – paru – ginjal – kepala dan ekor, selain itu ada juga benda yang paling Anda sayangi, boleh juga berupa emas, tapi sekarang emas lebih mahal, boleh menggunakan emas yang kecil, tidak harus menggunakan yang besar dan berat.
Saat melarung ratnakalasa di laut, Anda harus menggunakan tubuh – ucapan dan pikiran secara total untuk dipersembahkan kepada Raja Naga. Anda harus menjapa mantra, saat ratnakalasa belum dilarung, tiap malam menjapa mantra : “Namo Sanmanduo Mutuonan Warila Mi” , saat melakukan penjapaan juga perlu membentuk mudra, membentuk mudra aksara “Jing” (sumur) ,jari yang membentuk seperti aksara Jing, ini melambangkan bijaksara Raja Naga.
Bervisualisasi Ratnakalasa menjelma menjadi Raja Naga, Anda membentuk mudra di hadapannya, menjapa mantra, kemudian bervisualisasi Beliau memasuki Anda, Anda memasuki Raja Naga.
Biasanya fenomena kontak batinnya bisa berupa Raja Naga menganugerahkan harta kepada Anda, Raja Naga menampakkan diri, menjumpai wujud Raja Naga, atau Beliau muncul dalam mimpi Anda, atau dalam samadhi, saat Anda menjapa mantra, Anda menyaksikan cahaya, menyaksikan Raja Naga, saat itu barulah Anda melarung Ratnakalasa ini, melarungnya ke laut , ini adalah kuncinya.
Tantrayana yang kita tekuni adalah untuk mencapai yoga,sedangkan yoga diterjemahkan dalam bahasa mandarin adalah Xiangying. Raja Naga sendiri merupakan satu adinata yang mudah beryukta. Sesungguhnya para Dewa Rejeki, seperti Catur Maharajika di alam surga, Raja Naga di lautan, Raja Giri (Gunung) di bumi, banyak Dewa Gunung, Dewa Berkah, Dewata, Raja Naga Samudera, Dewa Naga, semua ini lebih mudah untuk beryukta.
Raja Naga sendiri mempunyai harapan yaitu ingin mencapai Kebuddhaan, melalui bhavana Anda, Anda menyatu dengannya, sehingga kelak setelah Anda mencapai Kebuddhaan, maka Raja Naga juga akan mencapai Kebuddhaan. Kita bisa mendoakan supaya Raja Naga mencapai Kebuddhaan, bhavananya berhasil mencapai Kebuddhaan, dengan demikian Anda sendiri juga akan mencapai Kebuddhaan.
Inti dari sadhana Raja Naga adalah pada saat pelimpahan jasa, Anda harus mendoakan supaya Raja Naga mencapai Kebuddhaan. Raja Naga mengharapkan Kebuddhaan, saat Anda mendoakannya supaya segera mencapai Kebuddhaan , maka Beliau akan bersuka cita, akan memberkahi Anda. (Hadirin bertepuk tangan)
Apakah poin utama dari Sadhana ini ?
Yang pertama adalah pengisian ratnakalasa.
Yang ke dua adalah, memvisualisasikannya menjadi Raja Naga.
Yang ketiga adalah Anda harus mempersiapkan sebuah altar yang bersih untuk menekuni Sadhana Raja Naga dengan benar, bervisualisasi, menjapa mantra, membentuk mudra, memasuki samadhi, melakukan ini semua setiap hari, sampai Anda memperoleh kontak batin dengannya. Setelah memperoleh kontak batin, Anda membawa ratnakalsa tersebut ke laut untuk dilarung, dipersembahkan pada Raja Naga, kemudian mendoakan lagi supaya Raja Naga mencapai Kebuddhaan. Dengan demikian maka penekunan Anda adalah sesuai tata Dharma.
Di sini juga menyampaikan terima kasih pada Kasogatan dan Madha Tantri, juga pada para Acarya tua kita, tidak boleh mengatakan tua, terhadap wanita tidak boleh mengatakan tua. Semua Acarya Indonesia, juga Acarya Lian-hong dari Surabaya juga ada di sini.
Acarya Lian-hong dan Acarya Hui-jun, mereka semua adalah milik Indonesia, sepertinya telah menetap di Indonesia supaya Satyabuddhagama menjadi lebih luas dalam menyelamatkan insan. Juga kepada orang yang menterjemahkan buku, yang menterjemahkan dan editornya, kita semua berterima kasih pada mereka. Semoga Indonesia selalu makmur sentosa, dan Satyabuddhagama terus berkesinambungan selamanya. (Hadirin bertepuk tangan)
Om Mani Padme Hum.
Perhatian : Semua sadhana Tantrayana, membutuhkan abhiseka dalam penekunannya. Segala pertanyaan mengenai sadhana ini harus ditanyakan dan dibimbing oleh seorang Vajracarya barulah sesuai dengan ketentuan Dharma.
Vihara Di Indonesia Yang Terdapat Acarya Pembimbing :
★ Vajra Acarya LianRun
Yayasan Buddha Vajra Indonesia
Alamat : Jl. Tubagus Angke blok A 7 C no. 4, Taman Duta Mas -Jakarta Barat
Telepon : 021 - 564 97 71
★ Vajra Acarya Lian Zu
Vihara Satya Buddha Purnama
Alamat : Jl. Lombok no. 1, Medan - Sumatera Utara
Telepon : 061 - 457 47 39 / 457 02 24
★ Vajra Acarya Lian Yuan
Vihara Vajra Bumi Sriwijaya
Alamat : Jl. Masjid Lama no. 46 (Jl. Sayangan, Lrg. R. Kuningan no. 622),Palembang - Sumatera Selatan
Telepon : 0711 - 350 798 / 817 213
★ Vajra Acarya Lian Fei
Vihara Vajra Bumi Nusantara
Alamat : Jl. Vila Permata, Kelurahan Desa Binong,Kecamatan Curug - Jawa Barat(di pusat areal perumahan Lippo Karawaci Tangerang)
Telepon : 021 - 591 90 80 / 591 96 80 / 591 96 79
★ Vajra Acarya Lian Hong
Vihara Vajra Bumi Arama
Alamat : Jl. Manyar Jaya III / 18 - 20, Surabaya - Jawa Timur
Telepon : 031 – 5920715 // Fax : 031-5920717
◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦☆☆☆◦⌣
我們先敬禮傳承祖師了鳴和尚、薩迦證空上師、十六世大寶
講一個比較簡單的笑話。有一對夫婦已經結婚25年,他們
我講這個小的笑話,就是希望我們每一個行者,不用那麼刻
又有一個小的笑話,講給大家聽。結婚以後才知道婚姻是一
剛剛蓮潤上師求龍王法、龍王寶瓶法,我先講龍王法的要點
我的上師以前是這樣講的,必須在寶瓶裡面,裝上一件你本
第二個修龍王寶瓶要非常的全心奉獻,也就是說「我獻這個
龍王寶瓶 裡面裝臟代表的是心、肝、脾、肺、腎、頭和尾,另外還有
丟寶瓶時,你要用你的身、口、意全部獻給龍王,你必須要
一般修法有感應的現象,就是你感應到龍王本身賜財給你,
這個法的重點在哪裡?第一個,寶瓶裝臟。第二個,觀想它
在這裡,也一樣感謝密總和總協會,還有我們的老上師,不
OM AMOGHA PUJA MANI PADMA VAJRE TATHAGATA VILOKITE SAMANTA PRASARA HUM
0 Comment:
Post a Comment