Loading...

Sunday, January 15, 2012

Dharmadesana Mahaguru Mengenai Prabhuta-ratna Tathagata / 蓮生法王開示 : 多寶如來

Dharmadesana Mahaguru Mengenai Prabhuta-ratna Tathagata
蓮生法王開示 : 多寶如來 

★ Homage To Dharmaraja Liansheng 
★ Homage To Sarasvati Bhagavati 

Translated by Lianhua Jun Shi An 

Hari ini kita melaksanakan Upacara Api Homa Prabhuta-ratna Tathagata yang sangat agung. Dulu pernah dikatakan bahwa sangat sedikit orang yang menekuni pelafalan Nama Agung Prabhuta-ratna Buddha, juga sangat sedikit orang yang menghaturkan pujana. Namun di Tiongkok sendiri banyak lokasi terdapat Stupa Prabhuta-ratna Buddha. Stupa Prabhuta-ratna Buddha yang saya saksikan pertama kalinya yaitu di Xin-zhou Korea Selatan, di sana terdapat sebuah Vihara yang ternama, begitu masuk langsung dapat dijumpai Stupa Prabhuta-ratna Buddha. Masih ada lagi, yaitu di dalam Musium Buddhisme di Korea juga terdapat Stupa Prabhuta-ratna. Itu merupakan Stupa Prabhuta-ratna Buddha yang pernah saya lihat, yang didirikan oleh orang Korea.

Prabhuta-ratna Buddha memiliki banyak Sebutan Agung, Ratna-vijaya Buddha juga adalah Prabhuta-ratna Tathagata, di dalam Sutra Raja Agung Avalokitesvara terdapat Ratna-vijaya Buddha. Bagaimanakah keagungan Beliau ? Beliau setara dengan Buddha Sakyamuni, Beliau lebih awal mencapai Kebuddhaan dibandingkan dengan Buddha Sakyamuni. Ada kalanya di dalam Stupa Prabhuta-ratna Buddha hanya ada satu adinata yaitu Prabhuta-ratna Tathagata. Namun adakalanya ada dua adinata Buddha yang duduk bersama, dan ini sangat jarang, disamping Prabhuta-ratna Tathagata masih ada satu padmasana, yaitu padmasana dari Buddha Sakyamuni, ini merupakan sebuah fenomena yang sangat istimewa. Saat Sakyamuni Buddha membabarkan Saddharmapundarika Sutra, Stupa Ratna dari Prabhuta-ratna Tathagata muncul di angkasa, dan membahanakan ucapan : “Saddharmapundarika Sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni adalah Sutra yang Sejati.”Asalkan ada orang yang membabarkan Saddharmapundarika Sutra, maka Prabhuta-ratna Buddha akan muncul. Hari ini Mahaguru Berdharmadesana juga ada satu orang yang memberikan pengesahan, yaitu Ayah saya, Upasaka Lu Er-shun. Hari ini ayah saya hadir, ini merupakan kehormatan bagi kita Vihara Vajragarbha Taiwan. (Hadirin bertepuk tangan) .  
Ada juga yang mengatakan bahwa Stupa Prabhuta-ratna muncul dari dalam bumi, kemudian terbang ke angkasa. Jika Anda menghaturkan pujana pada Prabhuta-ratna Tathagata, maka Beliau akan menganugerahkan banyak harta mustika pada Anda. Jadi yang hari ini hadir berarti memiliki berkah karunia, banyak ratna mustika yang turun dari angkasa. Sedikit sekali orang yang membahas mengenai Prabhuta-ratna Tathagata, juga sangat sedikit yang melakukan puja api homa Prabhuta-ratna Tathagata, juga sangat sedikit yang menekuni Sadhana Prabhuta-ratna Tathagata. Karena pada saat Beliau merealisasikan Kebuddhaan, para insan belum sempat mengenalnya, Beliau juga tidak membabarkan Dharma, kemudian segera memasuki Parinirvana, dalam seketika meninggalkan dunia, sehingga banyak insan yang tidak mengenalinya. 

Saya pernah mengucapkan kalimat : “Pada saat ini, jika Anda sekalian berdoa pada Prabhuta-ratna Tathagata, maka Beliau akan menganugerahkan banyak mustika kepada Anda.” (Hadirin bertepuk tangan)Karena sangat sedikit orang yang memohon pada Nya ! Maka begitu Anda memohon pada Nya, Beliau akan bersuka cita. Sangat sedikit orang yang melafal Prabhuta-ratna Tathagata, demikian juga sangat sedikit yang melafal Ratna-vijaya Buddha. Maka, asalkan Anda melafalnya , berdoa pada Nya, atau bahkan melakukan Api Homa Prabhuta-ratna Tathagata, maka Beliau akan sangat bersuka cita, maka Beliau akan menganugerahkan banyak mustika kepada Anda. Sangat mudah untuk beryukta dengan Prabhuta-ratna Tathagata.

  Mudra Prabhuta-ratna Tathagata adalah kedua tangan membentuk padma yang mekar, namun kedua telapak tangan dipisahkan, menjadi kelopak padma di kedua sisi, inilah mudra Nya. 

Mantra Nya : “Namo Bo-hu-la-da-na-ya Da-ta-ge-da-ya.”

Dengan adanya mantra, mudra , kemudian bijaksaranya yaitu “Ah”, juga ada pratima Nya, wujud Nya mengenakan kasaya merah, tubuh berwarna kuning. Ada pratima, ada mudra, ada mantra, maka menjadi sebuah Tata Sadhana Tantra.

  Pahala penekunan Prabhuta-ratna Tathagata adalah, jika mendengar Nama Prabhuta-ratna Tathagata, para insan akan tercukupi ratna manikam, saat Anda dengan kekuatan pikiran mengharapkan harta apa, maka akan memperolehnya, dan akan selalu berkecukupan. Kekuatan adhistana Nama Agung Prabhuta-ratna Tathagata dapat menghancurkan sifat kikir para preta yang telah terakumulasi dalam banyak kehidupan, dengan demikian mereka akan memperoleh berkah karunia yang sempurna. Tathagata ini adalah Adinata Paustika dari Saddharmapundarika Sutra, terlebih jika ada orang yang membabarkan Saddharmapundarika Sutra, Prabhuta-ratna Tathagata pasti akan muncul dari bumi dan melayang ke angkasa. 

Sesungguhnya Prabhuta-ratna Tathagata juga adalah Adinata Rejeki, karena Beliau adalah Yidam Paustika. Jadi hari ini Mahaguru mengenakan jubah kuning dan merah. Coba Anda lihat, Saudara Sedharma Qi-zhong, lihai sekali ! Hari ini dia juga mengenakan warna kuning, dia tahu hari ini adinatanya adalah Prabhuta-ratna Tathagata, maka pasti mengenakan warna kuning, Beliau pasti akan menganugerahkan banyak harta mustika kepadanya. Jadi Sdr Qi-zhong pasti mempunyai banyak harta mustika. Stupa Prabhuta-ratna Buddha sangatlah agung, sungguh sangat baik.

0 Comment:

Post a Comment