金母仙王
Mahadewi Yaochijinmu Raja Para Mahadewa
蓮花童子真佛
Padmakumara Buddha Sejati
修行人不可以驕傲
Sadhaka Tidak Boleh Tinggi Hati
☆source :
蓮生法王2012年1月7日開示精要
Kutipan Dharmadesana 7 Jan 2012
Homage to Dharmaraja Lian-sheng
Homage to Yaochijinmu
Homage to Saraswati Bhagawati
Translated by Lianhua Ĵυή Shi An
今天是很特殊的日子。我們雷藏寺好像有很長的一段時間, 沒有做瑤池金母的護摩。所以今天躬逢其會,非常的難得。 這一次瑤池金母的護摩,是震動人天哪!人間、天上全部都 震動。中國的宗教,從古以來,最古的一尊金仙就是瑤池金 母大天尊。(眾鼓掌)這不是隨便講的,真的是威力無窮! 在所有佛的境界裡面,在中國,唯一能夠超越所有天尊之上 的,界外的界外,有一個非常有名、偉大,而且最有法力的 大天尊就是瑤池金母,祂也就是盧師尊本人,第一個開啟我 天眼的最尊貴的瑤池金母大天尊。其他人,有的時候,不以 為瑤池金母是何方神聖,有的將祂看成一般神明;有的將祂 看成一般的神仙。其實不然,瑤池金母的尊貴,是在所有的 諸仙之上,可以講,祂本身就是仙王。(眾鼓掌)
Hari ini sangat spesial, sepertinya vihara kita sudah cukup lama tidak mengadakan Upacara Api Homa Mahadewi Rsi Yaochi. Jadi hari ini sungguh istimewa. Api Homa Mahadewi Yaochi kali ini mengguncang surga dan bumi. Dalam agama Tiongkok, sejak dahulu kala, satu Suciwan Agung yang paling dahulu adalah Mahadewi Yaochi. (Hadirin bertepuk tangan) Ini bukan sembarangan bicara, sungguh kekuatan Beliau tanpa batas ! Di Tiongkok, diantara Para Buddha, satu-satunya yang mampu melampaui para Arya, yang melampaui diluar batasan lokha, ada satu Arya Agung yang sangat ternama, sangat agung, bahkan yang paling memiliki Dharmabhala, adalah Yaochijinmu ! Beliau juga adalah Mahadewi Rsi Yaochi yang agung, yang pertama kali membuka mata dewa (Divyacaksu) dari Mahaguru sendiri.
Adakalanya orang lain, tidak mengetahui Mahadewi Rsi Yaochi adalah dewa dari mana , ada juga yang menganggapnya sebagai dewa biasa. Ada yang menganggapnya sebagai Mahadewa biasa. Sesungguhnya tidak demikian, keagungan Yaochijinmu, berada di atas para mahadewa, dapat dikatakan bahwa Beliau sendiri adalah Raja Para Mahadewa. (Hadirin bertepuk tangan)
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦ ⌣◦⌣◦⌣◦⌣
法明同修會的張明聰師兄對蓮花童子很有興趣,他本來就是 皈依蓮花童子的。不只是蓮傑上師到了甘肅蘭州,蘭州大學 有「蓮花童子研究」,張明聰師兄還從漢代的歷史裡面找出 蓮花童子。所以,漢朝就有蓮花童子了。(眾鼓掌)那時候 的雕刻,東方是東華帝君木公上聖,西方是瑤池金母,南方 和北方雕刻的是兩尊蓮花童子,腳踏著蓮花,其地位居然是 和東方的木公和西方的瑤池金母坐在平等的地位。蓮花童子 沒有降級啊!而是跟東王公和西王母坐在一起,同樣的站在 蓮花上面。漢代的研究專家還註明:「蓮花童子的地位,在 漢朝的時候,已經和東王公和西王母在一樣的,在同一個階 層。」這是非常不尋常的一件事情。我曾替虎山台灣雷藏寺 寫過一個偈,裡面有這一句:「管他來不來,貴人已坐中。 」甚麼意思?最高的貴人已經坐在中央,還要去找甚麼貴人 ?(眾鼓掌)
Sdr Zhang Ming-cong dari Cetya Fa-ming sangat tertarik dengan Padmakumara, dia memang bersarana pada Padmakumara. Tidak hanya Acarya Lian-jie yang sampai di Lanzhou Gansu dimana ada penelitian mengenai Padmakumara di Universitas Lanzhou, Sdr. Zhang Ming-cong menemukan Padmakumara dalam Sejarah Dinasti Han. Sehingga sejak masa Dinasti Han sudah ada Padmakumara. (Hadirin bertepuk tangan) Pahatan yang dibuat saat itu, sebelah Timur adalah Suciwan Mu-gong dari Timur, yaitu Dong-hua-di-jun. Sebelah Barat adalah Yaochijinmu. Sedangkan yang dipahat di sebelah Selatan dan Utara adalah Padmakumara yang berdiri di atas padmasana, kedudukannya setara dengan Mu-gong dari Timur dan Yaochijinmu dari Barat. Bahkan ahli penelitian Dinasti Han menjelaskan : "Kedudukan Padmakumara (Lianhua Tongzi) sama dengan Dong Wang-gong dan Xi Wang-mu, ada pada tingkatan yang sama." Ini merupakan hal yang luar biasa. Saya pernah menulis sebuah gatha bagi Vihara Vajragarbha Taiwan, di dalamnya ada satu kalimat :
"Tidak peduli orang datang atau tidak, Sang Penolong telah duduk di tengah." Apa artinya ? Penolong yang tertinggi telah duduk di tengah, masih perlu mencari manusia penolong yang mana lagi ? (Hadirin bertepuk tangan)
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦ ⌣◦⌣◦⌣◦⌣
蓮花童子不只是在敦煌石窟裡面有,在漢朝時的四川巖洞裡 面也有,都有存在的。從漢代一直到唐,唐、虞、夏、商、 周、秦、漢、三國、魏、晉、南北朝、唐、宋、元、明、清 ,在天竺印度的佛教還沒有進到中國以前,居然已經有了蓮 花童子。所以寫漢書的那個人,在書上證明:「蓮花童子自 成一個佛國」,自然成就一個清淨的佛國(眾鼓掌)
Padmakumara tidak hanya ada di Gua Dunhuang, namun juga ada di dalam Gua Sichuan dari Dinasti Han. Dari masa Dinasti Han terus sampai Tang, Yu, Xia, Shang, Zhou, Qin, Han, San-guo, Wei, Jin, Nan-bei Chao, Tang, Song, Yuan, Ming, Qing, telah ada Padmakumara sejak Buddhisme ada di India belum memasuki Tiongkok. Jadi orang yang menuliskan Buku Han , menjelaskan di dalam buku : "Padmakumara menciptakan Negeri Buddha Nya sendiri." , dengan alamiah merealisasikan satu Negeri Buddha yang murni. " (Hadirin bertepuk tangan)
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦ ⌣◦⌣◦⌣◦⌣
修行人是不可以驕傲的。當初,岡波巴去見密勒日巴時,密 勒日巴先化了人去接引岡波巴,岡波巴問這個人:「密勒日 巴對我的印象怎麼樣?」他說:「密勒日巴說你是有宿世根 源,你是『月光童子』轉世。」岡波巴是「月光童子」轉世 ,哇!岡波巴一聽,心裡很舒服,就變得非常的驕傲,「密 勒日巴祖師既然知道我是『月光童子』轉世,而且,我有宿 世的根源,祂一定會將法傳給我的。」他的這個念頭一起, 密勒日巴在他的巖洞裡面就知道了,「我來考他,考一考」 ,所以,就不見岡波巴,讓他在小旅館裡乾等,讓臭蟲咬。 那些旅館裡都有臭蟲啊!吃得不好,住得不好,岡波巴在那 �受苦三七二十一天。二十一天以後,密勒日巴才見他,主 要是要消除他傲慢的心。所以,我們修行人不能太傲慢。像 師尊一樣的,自以為可以到陰間救人,自以為可以到天上界 ,到四聖界,自己有一個佛國,是人中最尊,正中而坐,和 瑤池金母、東王公、蓮花童子平起平坐,就驕傲了。不行! 不可以這樣的。所以,修行人一定要謙虛的。剛剛所講的話 ,是寫漢書的人寫的,不是我講的,我是很謙虛的,我不會 那麼高傲。「蓮花童子跟瑤池金母跟東王公平起平坐」,不 得了了!或者是跟「五佛平起平坐」,不得了了!不可以的 。就算宿根因緣再好,也不可以這樣驕傲,必須要很謙虛。 我們學佛的人,應該是這樣的。岡波巴住在一個很窮困的小 旅館宿舍裡面二十一天,就是在懲罰他太驕傲。
Sadhaka tidak boleh tinggi hati, dulu saat Gampopa menemui Milarepa, Milarepa memanifestasikan satu manusia jelmaan untuk menyambut Gampopa. Gampopa bertanya pada orang tersebut : "Bagaimana kesan Milarepa pada saya ?"
Dia menjawab : "Milarepa mengatakan di kehidupan lampau Anda mempunyai akar baik, Anda adalah titisan Candra-prabha Kumara (Yue-guang Tongzi)."
Wah ! Begitu Gampopa mendengarnya, hatinya merasa bangga, menjadi sangat angkuh, "Karena Guru Milarepa mengetahui bahwa saya adalah titisan Candra-prabha Kumara, dan saya mempunyai akar yang baik, pasti Beliau akan mewariskan Dharma pada saya."
Begitu pikirannya ini timbul, Milarepa di dalam gua langsung mengetahuinya, "Aku akan mengujinya !"
Sehingga Milarepa tidak menemui Gampopa, membiarkannya menunggu di dalam sebuah penginapan kecil. Membiarkannya digigit kutu busuk. Penginapan kecil itu ada kutu busuk, makanan dan kondisi tempat tinggalnya juga tidak baik, di sana Gampopa menderita selama 21 hari. Setelah 21 hari, barulah Milarepa menemuinya, tujuannya adalah mengikis keangkuhan Gampopa. Jadi kita sadhaka tidak boleh terlampau tinggi hati. Seperti halnya Mahaguru mengira diri sendiri bisa masuk ke alam bardo untuk menolong orang, dapat mengunjungi surga, sampai di alam Empat Suciwan, diri sendiri mempunyai satu Negeri Buddha, duduk di tengah, Padmakumara setara dengan Yaochijinmu dan Dong-wang-gong, akhirnya menjadi tinggi hati. Tidak bisa ! Tidak boleh demikian. Seorang sadhaka harus rendah hati. Barusan yang Mahaguru ceritakan adalah tulisan orang yang menulis Han-shu (Buku Sejarah Han), bukan saya sendiri yang membuatnya.
Padmakumara dan Yaochijimu serta Dong Wang-gong duduk setara, sungguh luar biasa. Atau duduk setara dengan Panca Dhyani Buddha, sungguh luar biasa ! Tidak boleh demikian ! Meski sebaik apapun akar kehidupan lampau tetap tidak boleh tinggi hati ! Justru harus rendah hati. Demikianlah seharusnya kita umat Buddha. Gampopa menginap selama 21 hari dalam penginapan yang kumuh, ini adalah hukuman karena dia terlampau tinggi hati.
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦ ⌣◦⌣◦⌣◦⌣
不管SARS是從哪裡來,在台灣的時候,我那時隱居.. .那時候,和平醫院全部封鎖,我們的馮錦良醫師就被關在 裡面,馮錦良的護士都得SARS死了。醫生是最接近SA RS病人的,他沒有死,但是,馮醫師的護士卻死了。知道 怎麼回事嗎?那個時候,瑤池金母叫我,「Hello, you come to my home」,我就去祂家,到瑤池金母的家。祂家的牆壁上 掛了好幾個袋子,白色的袋子,紅色的袋子……,一個一個 像茶葉包的小袋子,吊了一整排。我就問祂”Are you offering me tea or coffee?”「不是叫你來這裡喝茶喝咖啡?沒那麼簡 單的事,這個你拿去。」祂拿一個白色的小茶葉包給我,「 這個你拿去,拿回地球啦!你的家鄉啦!」想不到,在半空 中,這個很小的茶葉包就變成一個很白的大布袋,非常廣大 ,包含四面八方,這樣下來,那時候,所有的新聞、媒體和 所有的電視台都講「SARS在寒冬的時候會更厲害」、「 會傳遍整個全世界」,講一大堆,結果,有還是沒有?沒有 !都被瑤池金母收走了,(眾鼓掌)突然之間就沒有了。那 些醫學家、科學家、預言家全部雞嘴變鴨嘴(台語:啞口無 言)。全部閉上了嘴,硬梆梆的,雞嘴變鴨嘴(台語:啞口 無言),這就是瑤池金母的厲害,法力無窮。
Saat SARS menyebar ke Taiwan, waktu itu saya sedang bertapa... Saat itu Heping Hospital dikarantina, Dr Feng Jin-liang juga dikarantina di dalam, semua perawat telah meninggal karena SARS. Dokter adalah orang yang paling dekat dengan para pasien SARS , dia tidak meninggal, namun perawatnya telah meninggal.
Apa yang terjadi ? Saat itu Mahadewi Yaochi memanggil saya, "Hello, you come to my home." Maka saya pergi ke kediaman Nya. Di tembok kediaman Nya tergantung beberapa warna buntalan. Mirip buntalan kecil daun teh. Maka saya bertanya pada Nya : ”Are you offering me tea or coffee?”
Beliau menjawab : "Tidak memanggilmu kemari untuk minum teh atau kopi, bukan untuk hal yang demikian sepele, bawa ini !"
Beliau menyerahkan satu buntalan kecil berwarna putih , "Bawa ini kembali ke bumi ! Ke kampung halaman Anda."
Tak disangka sampai di tengah angkasa, buntalan sekecil buntalan teh ini berubah menjadi sebuah buntalan yang sangat besar dan sangat putih, turun menjadi sebuah buntalan yang luas mencakup berbagai arah.
Saat itu semua media termasuk semua stasiun televisi mengatakan : "Di musim dingin ini SARS akan makin menyebar!" , "Bisa menyebar ke seluruh dunia." , beraneka ragam komentar, akhirnya apakah masih ada ? Tidak ada ! Semua dibawa pergi oleh Mahadewi Rsi Yaochi . (Hadirin bertepuk tangan) Secara mendadak lenyap. Para dokter, para ilmuwan dan orang-orang yang meramalkan tidak bisa mengatakan apa-apa. Semuanya berdiam. Inilah kehebatan Mahadewi Rsi Yaochi ! Dharmabhalanya tak terhingga !
Mahadewi Yaochijinmu Raja Para Mahadewa
蓮花童子真佛
Padmakumara Buddha Sejati
修行人不可以驕傲
Sadhaka Tidak Boleh Tinggi Hati
☆source :
蓮生法王2012年1月7日開示精要
Kutipan Dharmadesana 7 Jan 2012
Homage to Dharmaraja Lian-sheng
Homage to Yaochijinmu
Homage to Saraswati Bhagawati
Translated by Lianhua Ĵυή Shi An
今天是很特殊的日子。我們雷藏寺好像有很長的一段時間,
Hari ini sangat spesial, sepertinya vihara kita sudah cukup lama tidak mengadakan Upacara Api Homa Mahadewi Rsi Yaochi. Jadi hari ini sungguh istimewa. Api Homa Mahadewi Yaochi kali ini mengguncang surga dan bumi. Dalam agama Tiongkok, sejak dahulu kala, satu Suciwan Agung yang paling dahulu adalah Mahadewi Yaochi. (Hadirin bertepuk tangan) Ini bukan sembarangan bicara, sungguh kekuatan Beliau tanpa batas ! Di Tiongkok, diantara Para Buddha, satu-satunya yang mampu melampaui para Arya, yang melampaui diluar batasan lokha, ada satu Arya Agung yang sangat ternama, sangat agung, bahkan yang paling memiliki Dharmabhala, adalah Yaochijinmu ! Beliau juga adalah Mahadewi Rsi Yaochi yang agung, yang pertama kali membuka mata dewa (Divyacaksu) dari Mahaguru sendiri.
Adakalanya orang lain, tidak mengetahui Mahadewi Rsi Yaochi adalah dewa dari mana , ada juga yang menganggapnya sebagai dewa biasa. Ada yang menganggapnya sebagai Mahadewa biasa. Sesungguhnya tidak demikian, keagungan Yaochijinmu, berada di atas para mahadewa, dapat dikatakan bahwa Beliau sendiri adalah Raja Para Mahadewa. (Hadirin bertepuk tangan)
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦
法明同修會的張明聰師兄對蓮花童子很有興趣,他本來就是
Sdr Zhang Ming-cong dari Cetya Fa-ming sangat tertarik dengan Padmakumara, dia memang bersarana pada Padmakumara. Tidak hanya Acarya Lian-jie yang sampai di Lanzhou Gansu dimana ada penelitian mengenai Padmakumara di Universitas Lanzhou, Sdr. Zhang Ming-cong menemukan Padmakumara dalam Sejarah Dinasti Han. Sehingga sejak masa Dinasti Han sudah ada Padmakumara. (Hadirin bertepuk tangan) Pahatan yang dibuat saat itu, sebelah Timur adalah Suciwan Mu-gong dari Timur, yaitu Dong-hua-di-jun. Sebelah Barat adalah Yaochijinmu. Sedangkan yang dipahat di sebelah Selatan dan Utara adalah Padmakumara yang berdiri di atas padmasana, kedudukannya setara dengan Mu-gong dari Timur dan Yaochijinmu dari Barat. Bahkan ahli penelitian Dinasti Han menjelaskan : "Kedudukan Padmakumara (Lianhua Tongzi) sama dengan Dong Wang-gong dan Xi Wang-mu, ada pada tingkatan yang sama." Ini merupakan hal yang luar biasa. Saya pernah menulis sebuah gatha bagi Vihara Vajragarbha Taiwan, di dalamnya ada satu kalimat :
"Tidak peduli orang datang atau tidak, Sang Penolong telah duduk di tengah." Apa artinya ? Penolong yang tertinggi telah duduk di tengah, masih perlu mencari manusia penolong yang mana lagi ? (Hadirin bertepuk tangan)
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦
蓮花童子不只是在敦煌石窟裡面有,在漢朝時的四川巖洞裡
Padmakumara tidak hanya ada di Gua Dunhuang, namun juga ada di dalam Gua Sichuan dari Dinasti Han. Dari masa Dinasti Han terus sampai Tang, Yu, Xia, Shang, Zhou, Qin, Han, San-guo, Wei, Jin, Nan-bei Chao, Tang, Song, Yuan, Ming, Qing, telah ada Padmakumara sejak Buddhisme ada di India belum memasuki Tiongkok. Jadi orang yang menuliskan Buku Han , menjelaskan di dalam buku : "Padmakumara menciptakan Negeri Buddha Nya sendiri." , dengan alamiah merealisasikan satu Negeri Buddha yang murni. " (Hadirin bertepuk tangan)
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦
修行人是不可以驕傲的。當初,岡波巴去見密勒日巴時,密
Sadhaka tidak boleh tinggi hati, dulu saat Gampopa menemui Milarepa, Milarepa memanifestasikan satu manusia jelmaan untuk menyambut Gampopa. Gampopa bertanya pada orang tersebut : "Bagaimana kesan Milarepa pada saya ?"
Dia menjawab : "Milarepa mengatakan di kehidupan lampau Anda mempunyai akar baik, Anda adalah titisan Candra-prabha Kumara (Yue-guang Tongzi)."
Wah ! Begitu Gampopa mendengarnya, hatinya merasa bangga, menjadi sangat angkuh, "Karena Guru Milarepa mengetahui bahwa saya adalah titisan Candra-prabha Kumara, dan saya mempunyai akar yang baik, pasti Beliau akan mewariskan Dharma pada saya."
Begitu pikirannya ini timbul, Milarepa di dalam gua langsung mengetahuinya, "Aku akan mengujinya !"
Sehingga Milarepa tidak menemui Gampopa, membiarkannya menunggu di dalam sebuah penginapan kecil. Membiarkannya digigit kutu busuk. Penginapan kecil itu ada kutu busuk, makanan dan kondisi tempat tinggalnya juga tidak baik, di sana Gampopa menderita selama 21 hari. Setelah 21 hari, barulah Milarepa menemuinya, tujuannya adalah mengikis keangkuhan Gampopa. Jadi kita sadhaka tidak boleh terlampau tinggi hati. Seperti halnya Mahaguru mengira diri sendiri bisa masuk ke alam bardo untuk menolong orang, dapat mengunjungi surga, sampai di alam Empat Suciwan, diri sendiri mempunyai satu Negeri Buddha, duduk di tengah, Padmakumara setara dengan Yaochijinmu dan Dong-wang-gong, akhirnya menjadi tinggi hati. Tidak bisa ! Tidak boleh demikian. Seorang sadhaka harus rendah hati. Barusan yang Mahaguru ceritakan adalah tulisan orang yang menulis Han-shu (Buku Sejarah Han), bukan saya sendiri yang membuatnya.
Padmakumara dan Yaochijimu serta Dong Wang-gong duduk setara, sungguh luar biasa. Atau duduk setara dengan Panca Dhyani Buddha, sungguh luar biasa ! Tidak boleh demikian ! Meski sebaik apapun akar kehidupan lampau tetap tidak boleh tinggi hati ! Justru harus rendah hati. Demikianlah seharusnya kita umat Buddha. Gampopa menginap selama 21 hari dalam penginapan yang kumuh, ini adalah hukuman karena dia terlampau tinggi hati.
⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦⌣★★★⌣◦⌣◦⌣◦⌣◦
不管SARS是從哪裡來,在台灣的時候,我那時隱居..
Saat SARS menyebar ke Taiwan, waktu itu saya sedang bertapa... Saat itu Heping Hospital dikarantina, Dr Feng Jin-liang juga dikarantina di dalam, semua perawat telah meninggal karena SARS. Dokter adalah orang yang paling dekat dengan para pasien SARS , dia tidak meninggal, namun perawatnya telah meninggal.
Apa yang terjadi ? Saat itu Mahadewi Yaochi memanggil saya, "Hello, you come to my home." Maka saya pergi ke kediaman Nya. Di tembok kediaman Nya tergantung beberapa warna buntalan. Mirip buntalan kecil daun teh. Maka saya bertanya pada Nya : ”Are you offering me tea or coffee?”
Beliau menjawab : "Tidak memanggilmu kemari untuk minum teh atau kopi, bukan untuk hal yang demikian sepele, bawa ini !"
Beliau menyerahkan satu buntalan kecil berwarna putih , "Bawa ini kembali ke bumi ! Ke kampung halaman Anda."
Tak disangka sampai di tengah angkasa, buntalan sekecil buntalan teh ini berubah menjadi sebuah buntalan yang sangat besar dan sangat putih, turun menjadi sebuah buntalan yang luas mencakup berbagai arah.
Saat itu semua media termasuk semua stasiun televisi mengatakan : "Di musim dingin ini SARS akan makin menyebar!" , "Bisa menyebar ke seluruh dunia." , beraneka ragam komentar, akhirnya apakah masih ada ? Tidak ada ! Semua dibawa pergi oleh Mahadewi Rsi Yaochi . (Hadirin bertepuk tangan) Secara mendadak lenyap. Para dokter, para ilmuwan dan orang-orang yang meramalkan tidak bisa mengatakan apa-apa. Semuanya berdiam. Inilah kehebatan Mahadewi Rsi Yaochi ! Dharmabhalanya tak terhingga !
0 Comment:
Post a Comment