Loading...

Monday, June 18, 2012

「單修」(不雙修)能夠成就嗎? / Apakah Sadhana Tunggal (Tidak Menekuni Sadhana Berpasangan) Dapat Mencapai Realisasi ?


「單修」(不雙修)能夠成就嗎?
Apakah Sadhana Tunggal
(Tidak Menekuni Sadhana Berpasangan)
Dapat Mencapai Realisasi ?


✽ Homage to Dharmaraja Liansheng
✽ Homage to Suvarnaprabasottama Sutra
✽ Homage to Sarasvati Bhagavati

Source :
Buddha Lian-sheng Dharmatalk 27 May 2012


Acarya Lian-yue bertanya :
"Memohon petunjuk Mahaguru, jika tidak melewati penekunan Anuttara-yoga-tantra,
bagaimana bisa mencapai realisasi ? 
Apakah ada perbedaan antara realisasi yang dicapai
dengan melalui dan tidak melalui penekunan Anuttara-yoga-tantra ?
  
Mahaguru menjawab :
Mengambil contoh Guru Tsongkapa, Beliau menekuni metode Prajna ;
Bodhisattva Manjusri menekuni metode Prajna-hetu-vidya.

Inilah yang disebut dengan Prajna-yana, Prajna-paramita-yana adalah
metode Prajna, metode Prajna disebut sebagai metode Anuttara-prajna.

Metode Anuttara-prajna sangat khusus dan berbeda,
menggunakan metode hetu-vidya untuk menganalisa ;
Setelah menganalisa dengan metode hetu-vidya,
mengetahui apakah itu kesunyataan sejati ?
Apakah itu kesunyataan yang mula ?
kemudian diolah dengan memasuki kesunyataan,
ini tidak termasuk metode sadhana berpasangan,
ini merupakan metode Sadhana Tunggal.

Ini merupakan metode Kebuddhaan dari Tsongkapa,
melalui Hetu-vidya melahirkan Prajna,
Prajna muncul, memasuki Kebuddhaan melalui Prajna-paramita-yana.
Mengetahui jalan Kebuddhaan ini, kemudian mengolahnya,
demikian juga dapat merealisasi Kebuddhaan !
  
Lobha-marga (Jalan Nafsu Keinginan) merupakan sebuah upaya-kausalya,
kenapa demikian ?
Karena saat Anda menurunkan dan mengangkatnya,
bindu turun sampai Svadhisthana-cakra (Cakra Rahasya / cakra kemaluan)
kemudian diangkat lagi sampai ke lokasi Cairan Candra Bodhicitta,
saat turun merupakan "Catur-sukha",
saat naik merupakan "Catur-sunyha",
Anda akan menyadari bahwa ini semua bagaikan ilusi bagai mimpi,
sukha selama apapun itu juga sunya ;

Sukha yang singkat juga sunya, sukha yang lama juga sunya,
Anda hanya memainkan sandiwara ilusi bagai mimpi.
Setelah Anda merealisasi ini, maka Akan mempunyai Prajna,
Anda akan memahami "Kesunyataan Terang dan Paripurna.",
saat itu Anda akan menyaksikan Buddhatta.

Karena melalui lobha-marga Anda memasuki samadhi bagai ilusi,
menginsafi Kesunyataan Terang nan Paripurna.
Setelah Anda menginsafinya,
maka Anda akan melebur dalam Kesunyataan Terang nan Paripurna.

Anda akan mampu melepaskan "Sukha", melepaskan "Terang",
melepaskan "Kesunyataan", dengan demikian saat itu merealisasi Kebuddhaan,
mememperoleh Samyaksambodhi.
Dengan demikian metode bhavana upaya-kausalya lobha-marga ini
hanya dapat dipahami.


☃°˚◦ ☃°˚◦ ☃°˚◦ ☃°˚◦ ☃°˚◦


蓮悅上師問:再請示師尊,如果不經過無上密部的修行,那麼如何成就?
那麼有沒有經過無上密部,修行的成就會有不同嗎?
  
師尊答:
像以宗喀巴祖師來講,祂是以「智慧」的方法來修;
文殊師利菩薩是以「智慧因明」的方法來修。
所謂「般若乘」,「般若波羅蜜乘就是般若的方法,般若的方法是叫作「無上智慧」的方法。
「無上智慧」的方法特別不一樣,是用「因明」的方法去分析;
「因明」的方法分析以後,知道真正的空性是什麼?
本來原來的空性是什麼?然後契合進入空性,就不是屬於「雙修」的方法,是「單修」。

這是宗喀巴究竟成佛的方法,是以「因明般若」產生了智慧,產生智慧由般若波羅蜜乘進入成佛,
知道成佛這條道路,然後去契合,也能夠成佛!
  
「貪道」是一種方便,為什麼呢?
因為你在降下來跟提起來之中,明點降下來到密輪,再提起來,提到菩提心月液的地方。
下來是「四喜」,升上去是「四空」,你就能夠知道這個是如幻如夢,再怎麼樣長的快樂也是空;
短的快樂也是空,長的快樂也是空,你不過是在演如幻如夢的戲而已。
你證明了這一點,你就有智慧了,你懂得「圓明的空性」,這個時候你看到自己的佛性,
因為你進入禪定,由「貪道」進入如幻如夢的禪定之中,去體會到圓明的空性,
圓明的空性你體會到了,你能夠契入圓明的空性,
你會捨棄「樂」,捨棄「光明」,捨棄「空性」,自然到那個時候你就成佛,得到正覺。
所以這是方便的「貪道」修行方法,只能夠意會。

0 Comment:

Post a Comment