Loading...

Thursday, September 8, 2011

「無我」的表現 Sikap Realisasi Anatman

「無我」的表現
Sikap Realisasi Anatman

source : 蓮生法王2010年12月25日台灣雷藏寺財寶天王護摩法會法語開示精要
Dharmadesana Dharmaraja Liansheng 25 Dec 2010
from : Facebook wall of Nking daden
Translated by Lianhua Jun Shi An

[最近我提拔了幾個上師、講師!也有人來信開始反對了:「師尊,你沒有提拔我,為什麼你提拔那些XXX的?」我說:「阿彌陀佛!慢慢來吧!有一天一定會提拔你的。我要看你的成績、表現。」這裡面就有「吾我心」出現了,和「無我心」是不同的。「無我」是以大眾為前提、以眾生為前提、以救度眾生為主、以他人為主,是「無我心」;而以自己為主的,就是「吾我心」,就是自私啦!所以,大家要以眾生為主,不要以自己為主,這才是「無我」的一種表現。我不為自己,我為眾生,這是菩薩。 ]

"Akhir-akhir ini saya mengumumkan pengangkatan beberapa Acarya dan Pandita Dharmadhuta ! Ada orang yang mulai mengirimkan surat untuk menolaknya : "Mahaguru ! Anda tidak mengangkat saya , kenapa Anda mengangkat XXX ?"
Saya menjawab : "Amituofo ! Harap bersabar. Kelak suatu hari nanti pasti akan mengangkat Anda, saya harus mengamati kinerja dan perilaku Anda." Disini sudah ada kemunculan ego, tidak sama dengan batin anatman. Anatman adalah mengutamakan khalayak, mengutamakan penyelamatan para insan, mengutamakan orang lain, inilah batin anatman ; Sedangkan yang mengutamakan diri sendiri, adalah batin ego, egois ! Jadi kita semua harus mengutamakan insan, jangan mengutamakan diri sendiri, ini barulah sikap dari realisasi anatman. Bukan demi keuntungan sendiri, semua saya lakukan demi para insan, ini adalah Bodhisattva."

0 Comment:

Post a Comment